Pengertian Asimilasi Menurut Para Ahli

Asimilasi budaya merupakan proses di mana bahasa atau budaya seseorang atau kelompok menjadi mirip dengan bahasa dan budaya dari kelompok lain. Biasanya asimilasi budaya terjadi antara pendatang dan penduduk asli, dan membutuhkan waktu yang cukup lama sehingga membuat pendatang menjadi bagian yang sulit dibedakan dengan penduduk aslinya. Menurut Dejun Su, Chad Ricahrdson dan Guang Zen Wang dalam artikel mereka, asimilasi budaya adalah proses yang kompleks dan beraneka rupa yang melibatkan imigran atau pendatang yang mempelajari bahasa, norma budaya, dan ekspektasi dari masyarakat, kemudian berubah dalam prosesnya.

Pengertian Asimilasi Menurut Para Ahli

  • Proses Asimilasi Budaya

Asimilasi budaya dapat terjadi secara spontan atau karena terpaksa. Sebuah kebudayaan dapat secara spontan mengadopsi budaya yang berbeda, atau budaya yang lebih lama dan lebih kaya yang secara paksa berintegrasi dengan budaya lain yang lebih lemah. Sebuah budaya dan sikap yang baru terhadap budaya asli diperoleh melalui kontak dan komunikasi. Proses ini terjadi dengan akomodasi antara setiap budaya. Bayangannya adalah seperti dua warna berbeda yang tercampur dan membentuk warna yang sepenuhnya baru. Asimilasi budaya juga memberikan atmosfer berbeda dari suatu daerah, bisa jadi membuat sebuah daerah menjadi lebih kaya dalam hal budaya sehingga memiliki daya tarik tersendiri, atau dalam beberapa kasus juga terjadi perselisihan akibat percampuran budaya yang sedikit dipaksakan.

  • Contoh Asimilasi Budaya

Contoh yang paling nyata adalah asimilasi budaya tionghoa dengan budaya lokal. Seperti yang terjadi di tanah jawa. Banyak orang keturunan tionghoa yang dulunya bermigrasi dari Cina berbicara lancar dengan menggunakan bahasa jawa. Akan tetapi mereka juga masih tetap menjaga tradisi kuat mereka seperti agama, bisnis, perayaaan, dan lain sebagainya. Selain itu di tempat lain dapat kita lihat asimilasi budaya India dan Indonesia.

Selama ratusan tahun, imigran India yang berada di beberapa daerah seperti Sumatra, Jawa, Kalimantan, dan lain sebagainya juga memberikan pengaruh pada budaya sekitar seperti, makanan India yang bercampur dengan budaya Indonesia, menghasilkan jenis makanan yang berbeda. Dipercaya bahwa makanan seperti rendang, roti maryam, roti cane, dan lain sebagainya berasal dari India yang telah terasimilasi dengan rempah dan budaya sekitar.