Cara Mengetes Dinamo Starter

Kendaraan bermotor adalah jenis transportasi yang paling sering digunakan di Indonesia. Jumlahnya sudah semakin banyak bahkan kita sering terkena macet jika sedang berada di jalan protokol. Kemacetan adalah akibat dari keberadaan kendaraan bermotor terutama mobil yang semakin banyak. Jika kita bandingkan, beberapa tahun ini harga mobil semakin lama semakin murah bahkan ada yang memang diproduksi untuk kelas ekonomi  menengah. Terkadang para pengendara mobil baru mengalami masalah yaitu tidak bisa dihidupkan. Untuk mengetahui apa kerusakannya, kita bisa melakukan beberapa pengecekan.

Salah satu jenis kerusakan yang sering terjadi adalah kerusakan pada dinamo starter. Masalah ini menyebabkan mobil mogok dan kita akan kebingungan bagaimana cara memperbaikinya. Sebagian orang memilih untuk menyerahkan problem kerusakan ini pada bengkel yang dipercayai. Jika demikian, Anda harus benar-benar memastikan bahwa bengkel yang Anda datangi adalah yang terbaik dan jujur. Tanyakan kepada montir kerusakan apa yang terjadi dan bagaimana solusinya. Jika diharuskan untuk mengganti onderdil tertentu, disarankan untuk memilih yang original supaya lebih awet dan sudah pasti cocok dengan kendaraan kita.

Cara Mengetes Dinamo Starter

Selain membawanya ke bengkel, ada alaternatif lain yang bisa Anda coba yaitu mengetes dinamo starter sendiri. Sebenarnya cara ini tidak sulit hanya saja Anda membutuhkan peralatan khusus. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Lepas dinamo starter dari mobil.
  • Sediakan kabel jumper dan accu.
  • Kabel disambukan ke dinamo dan accu.
  • Tempelkan kabel hitam pada body dinamo  dan  kabel merah pada terminal 30.
  • Terminal positif baterai disambungkan ke terminal 50 pada dinamo.
  • Starter dalam kondisi baik jika gigi bending bergerak ke depan.
  • Komponen starter rusak jika gigi bending tidak bergerak ke depan.

Langkah-langkah tersebut biasanya dilakukan oleh para montir bengkel yang ingin melakukan pengecekan kondisi dinamo starter. Jika terjadi masalah pada komponen starter mungkin Anda perlu menggantinya dengan yang baru mengingat tanpa dinamo starter yang baik mobil tidak akan bergerak. Jika Anda ragu untuk mengecek sendiri, silakan datang ke bengkel langganan untuk memperbaiki mobil Anda.