Cara Mengetes DNA

Apakaha Anda sering mendengar tentang tes DNA? Sebagian besar orang pasti mengenal jenis tes ini yang makin populer akhir-akhir ini. Pengetesan ini bertujuan untuk mengetahui hubungan darah seseorang dengan orang yang lain. Sebagai contoh, dalam sebuah keluarga terdapat 3 anak namun orang tuanya merasa ragu dengan anak terakhir karena secara fisik memiliki perbedaan yang menonjol dan tidak mirip dengan saudaranya atau orang tuanya. Jika memang hal ini dirasa sangat mengganggu, maka bisa diadakan tes DNA.

Tes DNA juga kerap kali dilakukan untuk identifikasi jenazah yang tidak dikenali. Sering kali ada kecelakaan yang cukup fatal sampai mengakibatkan korban meninggal. Jika sang korban tidak membawa kartu identitas apapun, bagaimana kita mengenalinya? Tim forensik rumah sakit biasanya akan melakukan tes DNA dengan pihak keluarga yang sedang kehilangan anggota keluarganya. Untuk tingkat keakuratannya memang belum mencapai 100% namun jika sudah terdapat kecocokan yang mendekati yaitu sekitar 23 lokasi pengecekan maka bisa disimpulan bahwa DNA cocok dan ada pertalian darah.

Cara Mengetes DNA

Dari segi biaya, tes DNA bisa dikatakan masih mahal sehingga sebelum melakukan tes ini disarankan untuk mencari informasi sebanyak mungkin tentang jenis tes ini. Rumah sakit besar atau laboratorium biasanya melayani pengetesan. Ada beberapa bagian tubuh yang bisa digunakan untuk mencocokkan DNA yaitu:

  • Ludah
  • Akar rambut
  • Darah
  • Kuku
  • Sel epitel pada rongga mulut

Tes ini kadanng digunakan sebagai salah satu pembuktian untuk menyelesaikan kasus hukum. Jadi hasil yang didapatkan akan menjadi pertimbangan bagi hakim untuk memutuskan suatu perkara. Jika Anda mengalami kasus demikian, maka dalam pengetesan Anda harus meminta surat-surat dari pihak pengadilan dan mengikutsertakan kuasa hukum jika diperlukan. Tidak hanya itu saja, tes DNA hanya bisa dilakukan jika orang yang akan diperiksa mengijinkan. Mungkin akan sangat merepotkan dan memakan banyak biaya, namun jika kasus yang dihadapi cukup pelik dan harus segera diselesaikan, maka tes DNA menjadi salah satu solusi untuk memecahkan sengketa tersebut