Cara Mengetes Golongan Darah

Pengetahuan tentang golongan darah yang kita miliki sangat penting terutama jika terjadi keadaan darurat seperti kecelakaan. Jika korban kecelakaan sudah mengalami kondisi kritis dan kehilangan banyak darah maka tim medis harus segera mengetahui golongan darah yang dimiliki pasien agar dapat melakukan transfusi darah. Padahal banyak diantara kita yang belum pernah sekalipun melakukan pengetesan golongan darah.

Jenis darah yang kita miliki juga bisa menjadi acuan diet yang kita jalankan. Seringkali orang melakukan diet untuk mengontrol berat badan tanpa meneliti golongan darahnya. Banyak yang membuktikan bahwa diet golongan darah lebih baik dan efektif daripada metode diet yang lain. Pada golongan darah tertentu, ada jenis makanan yang menjadi pantangan sebagai contoh bagi Anda yang memiliki golongan darah O dianjurkan menghindari  mentimun, kembang kol, blewah, pare, cumi-cumi dan minyak jagung. Sedangkan bahan makanan yang baik dikonsumsi adalah kacang merah, rumput laut, jambu biji, ubi, kailan, dan bawang-bawangan.

Cara Mengetes Golongan Darah

Mengecek golongan darah tidak selalu harus dilakukan di laboratorium khusus. Anda juga bisa mengetesnya sendiri dengan cara:

  • Bersihkan jari dengan cairan alkohol berkadar 70%.
  • Gunakan jarum yang sudah disterilkan dengan alkohol untuk menusuk jari.
  • Ambil beberapa tetes darah.
  • Siapkan serum anti A dan serum anti B pada tempat yang terpisah.
  • Beri setiap wadah dengan setetes darah dan lihat reaksinya.

Golongan darah A ditunjukkan bila darah menggumpal pada serum A sedangkan pada serum B tidak. Golongann darah B ditandai dengan penggumpalan hanya pada serum B. Jenis darah AB terdeteksi bila keduanya menggumpal. Sedangkan golongan darah O tidak ada gumpalan baik pada serum A maupun B. Yang perlu Anda perhatikan saat melakukan pengecekan sendiri adalah pastikan bahwa jarum dan jari dalam keadaan bersih sehingga tidak akan terjadi infeksi. Pengecekan di rumah sakit terdekat mungkin lebih praktis dan Anda juga bisa meminta kartu golongan darah yang bisa disimpan di dompet jika sewaktu-waktu terjadi kondisi darurat yang membutuhkan pertolongan cepat.