Contoh Penelitian Eksperimen

Penelitian eksperimen pada dasarnya merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk mengetahui dampak yang ditimbulkan suatu masalah dengan melakukan pengamatan pada kelompok tertentu. Kelompok ini disebut sebagai subyek (variable) penelitian, setiap penelitian ekperimen biasanya menggunakan kelompok yang lebih dari satu sebagai pembanding untuk mengetahui hasil. Setiap kelompok biasanya akan dibuat ke dalam situasi yang berbeda, sehingga lebih mudah menarik kesimpulan terhadap dampak suatu masalah yang sedang diteliti.

Penelitian eksperimen memiliki karakteristik tertentu yang membedakan dengan jenis penelitian lainnya. Karakteristik tersebut terdapat tiga point utama, diantaranya:

Contoh Penelitian Eksperimen

  1. Memanipulasi Variabel, yakni perbedaan perlakuan terhadap variabel-variabel (kelompok) dalam penelitian tersebut. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan perbedaan efek (dampak) dalam situasi atau kondisi yang berlainan antar variabel.
  2. Pengendalian, yakni tindakan peneliti untuk meminimalisir efek variabel tertentu di luar penelitian yang mempengaruhi variabel dalam penelitian.
  3. Pengamatan, yakni tindakan mencatat hasil pemantauan terhadap kelompok yang berbeda dalam penelitian tersebut.

Sebelum melakukan penelitian sebaiknya memiliki permasalahan yang layak untuk diteliti secara lebih mendalam. Permasalahan tersebut harus signifikan, dan sebaiknya berkaitan dengan permasalahan di sekitar lingkungan (yang akrab) yang sering terjadi. Berikut beberapa contoh penelitian eksperimen:

  1. Mencari pengaruh metode pengajaran terhadap daya tangkap siswa dalam satu kelas.
  2. Mencari pengaruh jenis lagu yang didengarkan setiap hari terhadap emosi seseorang pada hari tersebut.
  3. Mencari pengaruh cuaca terhadap daya tahan tubuh.

Dan beberapa permasalahan lain yang bisa dicari dampak yang ditimbulkan pada seseorang, dampak tidak harus yang terasa pada saat perlakuan didapatkan. Dampak sendiri akan terbagi menjadi dua, yakni berdampak langsung atau berdampak laten.

Perbedaan lamanya dampak bisa muncul ke permukaan juga akan mempengaruhi lamanya penelitian tersebut harus dilakukan. Seperti dampak konsumsi brokoli bagi kesehatan kulit, tentunya dampak brokoli yang masuk ke dalam tubuh tidak seketika bisa diketahui. Harus ada proses dan tahapan yang terjadi sebelum dampak brokoli tersebut mulai dirasakan bagi yang mengkonsumsi. Penelitian eksperimen sejatinya juga menuntut tidak hanya ketelitian tetapi juga kesabaran. Penelitian apapun nantinya akan dibutuhkan masyarakat dalam menjalani kehidupan sebaik mungkin.