Pengertian Firewall

Firewall adalah gabungan dari perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware) untuk melindungi jaringan atau komputer dari jaringan luar yang tidak dikenali atau tidak aman. Firewall juga membatasi segala bentuk serangan dalam bentuk digital yang pasti merugikan pemilik jaringan yang dilindungi oleh firewall. Perlindungan firewall sangat penting untuk perangkat yang terhubung dengan jaringan internet. Tingkat keamanan yang diberikan oleh firewall dirasa cukup tinggi karena firewall selalu meberikan keterangan dan rincian informasi tentang lalu lintas antar jaringan, baik internal maupun eksternal.

Sebelum menggunakan firewall untuk keamanan jaringan Anda, ada baiknya Anda mengenali karakteristik dari firewall itu sendiri :

Pengertian Firewall

  1. Firewall yang digunakan harus kuat terhadap serangan dari jaringan luar yang tidak dikenal untuk mendapatkan sistem keamanan yang efektif
  2. Atur konfigurasi keamanan agar firewall aktif mendeteksi jaringan yang aman dan dikenal serta mencegah jaringan yang tidak dikenal untuk masuk
  3. Firewall menjadi jalur lalu lintas bagi antar jaringan internal atau eksternal
  4. Firewall memiliki sistem kekebalan untuk menangkal serangan dari internet
  5. Hanya aktivitas yang dianggap resmi saja yang dapat melewati dinding api (firewall)

Karakteristik dari firewall inilah yang membuat berbagai macam perusahaan, terutama perusahaan besar yang bergerak dalam bidang pengolahan data, menggunakan firewall untuk mencegah peretas, hacker, mata-mata atau tindak kejahatan lainnya membobol jaringan data mereka. Sistem operasi firewall juga dilengkapi oleh anti virus guna melindungi kesehatan jaringan atau komputer.

Banyak alasan perusahaan – perusahaan besar selalu menggunakan firewall pada sistem jaringannya dengan alasan bahwa firewall sangat menguntungkan bagi penggunanya karena memberi bermacam-macam manfaat sebagai berikut :

  • Menjaga keamanan data rahasia perusahaan
  • Mengatur lalu lintas antar jaringan, khususnya jaringan yang akan masuk
  • Memberi rincian informasi mengenai lalu lintas jaringan pada administrator
  • Melindungi keamanan alamat IP komputer
  • Mencegah pengubahan data oleh jaringan luar yang tidak dikenal
  • Memfilter komputer dari serangan virus-virus yang terdapat di jaringan internet dan lain-lain