Pengertian Freemason

Mendengar kata Freemason pasti sebagian orang akan mengerutkan dahi karena organisasi ini bisa dikatakan cukup berpengaruh dalam perubahan tatanan dunia. Sebenarnya, organisasi ini tidak terlalu jelas asal usulnya, menurut berbagai sumber ada yang menyebutkan organisasi ini terbentuk pada sekitar akhir abad ke-16 hingga abad ke-17 awal. Seiring dengan perkembangannya freemason kini hadir dalam bermacam bentuk yang ada di seluruh dunia dengan jumlha anggota hingga mencapi 6 juta orang. Organisasi ini sebenarnya tidak mempunyai pusat karena setiap negara mempunyai organisasi yang mampu berdiri sendiri. Organisasi freemason ini dipimpin oleh master tertinggi.

Freemason sebenarnya termasuk kedalam organisasi yang mempunyai sistem kepangkatan yang sangat rumit. Hal tersebut dikarenakan adanya pengajaran serta filosofi yang diajarkan serta diungkapkan yakni secara bertahap melalui beberapa organisasi yang terbentuk belakangan. Freemason sendiri mempunyai tiga level tingkatan dalam kepangkatannya yang dikenal dengan istilah bluee degress yang meliputi Entered Apperentice, Fellow Craft, Master Mason. Nah, Master Mason ni bisa dikatakan tingkatan yang paling tinggi. Selain itu, jika seseorang sudah menjadi Master Mason maka, dia berhak memperoleh pengajaran tambahan untuk lebih mengenal ritual Freemasonry yakni melalui organisasi yang dinamakan The Scottish Rite serta The York Rite.

Pengertian Freemason

Seperti pada organisasi pada umunya, Freemasonry juga mempunyai sebuah lambang atau logo yang mencirikan organisasi tersebut. Biasanya lambang/logo tersebut dibentuk berdasarkan filosofi organisasi tersebut. Tapi, anehnya organisasi ini tidak menganggap resmi lambang yang terdiri dari sebuah jangka, penggaris busur serta huruf G ditengahnya. Akan tetapi, mereka lebih menginterpretasikan berdasarkan pandangan serta pemikitan dari masing – masing. misalnya saja huruf “ G “ yang digunakan memiliki banyak singkatan seperti God, Goodness, atau Geometry.

Bisa dikatakan, organisasi Freemason ini sangatlah rahasia bahkan sejak awal berdirinya organisasi ini dilingkupi dengan bayang – bayang kerahasiaan. Nah, kerahasian tersebut bisa dilihat dari hubungan antara mason, logo – logo rahasia, cincin yang mencirikan mason, bahkan hingga salaman ala mason. Selain itu, kerahasiaan organisasi ini juga bisa kita lihat pada perekrutan anggotanya.