FTP merupakan kepanjangan dari File Transfer Protocol yang memiliki fungsi untuk proses tukar menukar file yang terjadi dalam jaringan koneksi TCP. FTP merupakan sebuah protokol internet yang mampu berjalan dalam lapisa aplikasi yang menjadi standaruntuk melakukan pentransferan berkas (file) komputer yang terdapat dalam setiap mesin sebuah internetwork. FTP adalah salah satu protokol internet yang perkembangannya paling awal dan hingga saat ini mampu digunakan untuk melakukan sebuah proses pengunduhan, pengunggahan berkas – berkas komputer.

Adapun fungsi dari FTP ini ialah digunakan untuk melakukan transfer file antara komputer yang tersambung dengan jaringan, yakni termasuk internet. Nah, FTP ini juga lebih sering dikenal sebagia protokol jaringan yang sangat memungkinkan untuk melakukan transfer antara komputer yang terhubung TCP. Selain itu juga fungsi dari FTP ini ialah sebagai otentikasi serta kesalahan penanganan untuk membangaun sebuah hubungan antara komputer host dengan klien.

Pengertian FTP

Perlu anda ketahui bahwa ada dua hal yang sangat penting yang terdapat pada FTP yakni FTP Server serta FTP Client. Berikut adalah keterangan dari kedua FTP tersebut, yakni:

  1. FTP Client merupakan komputer yang mampu merequest jaringan ke FTP server yakni untuk tujuan tukar menukar file. Nah, setelah server tersebut terhubung maka, client bisa mendowload, merename, mengupload, mendelete dan lainnya. tentunya yang sesuai dengan permisssion yang yang telah diberikan FTP server.
  2. FTP Server merupakan suatu server yang mampu untuk menjalankan software. Fungsinya yakni untuk memberikan pelayanan tukar menukar file. Yang mana server tersebut siap memberikan layanan FTP dengan catatan mendapat jaminan dari FTP Client.

Nah, adapun tujuan dari FTP Server ialah sebagi berikut:

  • Untuk tujuan berbagi data
  • Menyediakan indirect / implicit remote computer
  • Menyediakan layanan tempat untuk menyimpan user
  • Mampu menyediakan data yang lebih efisien serta relieble

Sebenarnya, FTP merupakan cara yang bisa dikatakan tidak aman untuk melakukan transfer file karena, file dikirim tanpa di enkripsi terlebih dahulu. Secara default, FTP ini menggunakan mode ASCII untuk mentransfer suatu data. Sebab, pengirimannya tanpa adanya enkripsi, password, username, menggunakan protocol analyzer.