Mengenal 2 Metode Menulis Esai Perbandingan dalam Bahasa Inggris

Dalam membuat esai dalam bahasa Inggris sebenarnya tak jauh berbeda dari membuat esai dalam bahasa Indonesia. Salah satu jenis esai dalam bahasa Inggris adalah esai perbandingan. Esai ini menjelaskan tentang perbandingan antara dua objek atau lebih. Saat menulis esai perbandingan tulisan difokuskan pada pembahasan persamaan dan juga perbedaan dari sebuah objek, kemudian dibandingkan dengan objek lain yang berbeda. Dalam pembuatan esai perbandingan dalam bahasa Inggris, terdapat dua metode dalam penulisannya.

  • Menuliskan berdasarkan pokok-pokok bahasan (point-by-point)

Dengan metode ini, esai dibuat dengan mengutarakan penjelasan atas suatu objek terlebih dahulu beserta persamaan dan perbedaannya, baru setelah itu dibandingkan dengan objek kedua menggunakan beberapa kalimat penjelas, kemudian penjelasan objek ketiga, dan seterusnya. Pada tiap awal paragraf harus  memakai kata transisi seperti firstly, furthermore, untuk menghubungkan antara tiap paragraph sehingga dapat dibedakan antara penjelasan objek yang satu dengan objek yang lain. Satu objek biasanya dijelaskan dalam satu paragraf, dan objek lain di paragraph berikutnya.

Mengenal 2 Metode Menulis Esai Perbandingan dalam Bahasa Inggris

  • Menjelaskan persamaan kedua objek kemudian perbedaannya

Metode ini tidak memisahkan penjelasan antara dua objek seperti metode point-by-point diatas, namun esai dibuat dengan menjelaskan kedua objek terlebih dahulu berdasarkan persamaannya. Setelah itu, baru menjelaskan kedua objek berdasarkan perbedaannya masing-masing.  Sehingga tidak memerlukan kata transisi sebagai penghubungnya. Contoh untuk penjelasan persamaan dua objek di paragraf awal:

  • Surabaya and Jakarta are the biggest city in this country. As the capital city of Indonesia, Jakarta is the most crowded city and Surabaya as the capital city of Jawa Timur Province is the second one. The high economics growth in Jakarta and Surabaya make these cities became the place where all people will come to get a job.

Dengan penggunaan kedua metode ini, pembuatan esai perbandingan menjadi jauh lebih mudah. Karena dalam pembuatannya, kita telah memiliki acuan yang harus digunakan. Tidak hanya asal membuat saja. Esai perbandingan biasa digunakan saat mengenalkan objek. Dengan esai perbandingan ini, kita bisa tahu baik tidaknya suatu objek bila dibandingkan dengan objek yang lain.