Metode Pembelajaran Matematika Terbaru

Matematika adalah salah satu pelajaran yang sangat bermanfaat. Mengapa bermanfaat? Karena matematika selalu digunakan dalam kehidupan sehari. Negara dapat berkembang karena menggunakan matematika dalam setiap usaha pembangunannya. Matematika disukai namun juga dibenci. Matematika dibenci karena sebagian besar orang merasa kesulitan untuk memecahkannya. Begitu pula hal nya dengan anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah, mereka tidak menyukai pelajaran matematika karena merasa bingung dan sulit saat mengerjakannya. Padahal matematika akan terasa mudah dan menyenangkan bila menggunakan metode belajar yang tepat.

Dalam mempelajari matematika, pengajar dan yang diajar harus menggunakan metode yang dirasa cocok bagi pribadi masing-masing. Jika pengajar nyaman dengan metode yang digunakan tentu penyampaiannya pun jelas, begitu pula yang diajar akan dengan mudah menangkap apa yang disampaikan. Berikut metode pembelajaran matematikan terbaru yang dapat Anda terapkan:

Metode Pembelajaran Matematika Terbaru

  • Metode Ceramah

Dalam metode ini pengajar tidak harus berpidato panjang lebar. Pengajar menjelaskan materi dengan cara baru yang unik agar murid tidak jenuh dan bosan. Dan yang terpenting gunakan bahasa yang mudah dipahami oleh murid tetapi penyampaian tidak keluar dari konteks materi.

  • Metode Kelompok

Membentuk kelompok-kelompok kecil dalam memecahkan soal matematika dirasa sangat efektif dan tidak menimbulkan kebosanan. Masing-masing anggota kelompok dapat bertukar pikiran pendapat dan dapat bekerja sama untuk menjawab soal matematika.

  • Metode Resistensi

Seringkali apa yang disampaikan oleh pengajar masih belum bisa dimengerti oleh muridnya. Dalam metode resistensi, murid akan menggunakan pemikiran dan bahasanya sendiri untuk mencerna apa yang sudah disampaikan pengajar sampai mereka benar-benar mengerti.

  • Metode Eksperimental

Dengan metode ini murid akan mencoba langsung mengerjakan latihan yang diberikan oleh pengajar. Selanjutnya pengajar memeriksa hasilnya dan memberikan pembahasan jika jawaban murid salah.
Berbagai metode ditemukan agar dapat menemukan cara belajar matematika yang mudah. Semua metode ini tidak dapat berjalan jika tidak ada niat dari pengajar maupun murid untuk sama-sama menaklukkan soal matematika tersebut. Selamat mencoba metode-metode pembelajaran matematika diatas dan semoga bermanfaat.