Pengertian Kalimat Menurut Para Ahli

Saat ingin mengungkapkan sesuatu maka seseorang akan mengatakan beberapa deretan kata yang akhirnya terbentuklah kalimat yang utuh. Kalimat menjadi unsur penting terciptanya komunikasi yang baik saat berinteraksi, sehingga diperlukan pemahaman untuk merangkai kata agar menjadi kalimat yang baik dan benar. Kalimat yang baik akan mudah dipahami maksud dan tujuan pengucapanya sehingga terjalin komunikasi yang lancar.

Kalimat yang baik harus memiliki susunan yang sistematis, berikut syarat kalimat yang baik dan benar secara tulisan maupun pengucapan:

Pengertian Kalimat Menurut Para Ahli

  • Kalimat memiliki rumus SPOK yang jelas
  • Diucapkan secara runtut, agar tidak mengurangi dan membingungkan makna
  • Tersusun sesuai dengan tujuan, apabila hendak bertanya ada kata apa, bagaimana, dimana, kapan, dan siapa.
  • Susunan lengkap, sehingga mengerti maksud bertanya, memerintah, atau minta tolong
  • Diucapkan secara sopan agar penerima kalimat memiliki simpati dan mau mendengarkan hingga tuntas.

Kalimat menjadi tolak ukur kecerdasan berbicara seseorang, sehingga semakin fasih berbicara akan mampu mengungkapkan pemikiran. Penyampaian informasi tentunya juga didasari adanya susunan dan rangkaian kalimat yang baik serta akurat. Informasi yang diberikan tidak membingungkan sehingga diperlukan teknik penyampaian yang benar, yakni diawali kemampuan penyusunan kalimat yang benar. Kalimat sendiri dapat tercipta berdasarkan karya pemikiran personal masing-masing, sehingga bisa menunjukkan tidak hanya kecerdasan tetapi juga emosi yang dimiliki oleh pembicaranya.

Sebelum mampu menyusun kalimat yang baik dan benar, tentunya harus diawali dengan mengetahui makna kalimat. Kalimat sendiri diartikan oleh banyak para ahli, setiap ahli memiliki persepsi yang bisa berbeda, nyaris sama, atau memang sama antara satu ahli dengan yang lainnya. Namun mengetahui perbedaan tersebut, tentunya juga harus mampu memahami dengan menarik kesimpulan dari beberapa pendapat para ahli yang ada. Berikut beberapa nama yang telah memberikan definisi kalimat di Indonesia:

  • Darjdowidojo
  • Slamet Mulyana
  • Kridalaksana

Masih ada pula beberapa ahli lain yang memberikan kontribusi terhadap pengertian kalimat, diharapkan dengan bermacamnya pendapat menjadikan mendapatkan ilmu yang lebih banyak. Banyaknya sumber ilmu akan menjadi referensi yang baik dan informasi yang didapatkan menjadi lebih akurat, dan paham benar arti kata kalimat.