Pengertian Nilai Menurut Para Ahli

Pengertian dari nilai dapat ditemukan pada cabang ilmu filsafat, yaitu aksiologi atau filsafat nilai. Nilai dapat menunjukkan sifat dan kualitas atas sesuatu yang memiliki manfaat bagi kehidupan manusia. Nilai juga dapat dijadikan landasan dalam berperilaku dan berucap baik yang disadari maupun tidak. Setiap wilayah atau daerah pasti memiliki nilai-nilai yang berlaku dan harus ditaati oleh seluruh masyarakat di wilayah tersebut.

Nilai merupakan sesuatu yang bersifat abstrak. Hal ini sejalan dengan pemikiran Kimball Young yang mengungkapkan bahwa nilai merupakan asumsi abstrak dan sering tidak disadari tentang apa saja yang dianggap penting oleh masyarakat. Sifat abstrak ini muncul akibat tidak sadarnya masyarakat dalam mematuhi nilai-nilai yang berlaku, seolah-olah nilai itu telah mendarah daging dalam diri masyarakat. Sedangkan Karel J. Veeger mengungkapkan pengertian yang berbeda. Menurutnya, nilai adalah sesuatu yang berada dalam pemikiran seseorang tentang baik atau tidaknya suatu perbuatan. Dapat dikatakan pula nilai merupakan pertimbangan moral dan hasil penilaian seseorang.

Pengertian Nilai Menurut Para Ahli

Menurut Louis O. Kattsoff, nilai dibagi menjadi dua macam yakni nilai intrinsik dan nilai instrumental. Nilai intrinsik yang berarti nilai dari sesuatu yang pada awalnya telah memiliki nilai. Nilai ini dimiliki sejak awal terbentuknya suatu benda. Sedangkan nilai instrumental berarti nilai atas sesuatu yang dilihat dari kegunaan barang tersebut untuk mencapai tujuan tertentu.

Sedangkan Radbruch berpendapat bahwa terdapat tiga nilai yang dianggap penting dan melekat pada diri tiap manusia.  Nilai-nilai tersebut antara lain :

  • Nilai individu atau nilai pribadi yang mewujudkan kepribadian seseorang. Nilai ini mempengaruhi bagaimana kepribadian seseorang dapat terbentuk dan dapat diterima di kalangan masyarakat.
  • Nilai masyarakat atau nilai sosial yang hanya dapat diwujudkan di kalangan masyarakat manusia. Nilai sosial ini menentukan baik atau buruknya perilaku seseorang dalam suatu masyarakat. Hal ini dipengaruhi oleh budaya yang dimiliki masyarakat tersebut. Banyaknya budaya yang ada di Indonesia juga mempengaruhi perbedaan nilai dari satu wilayah ke wilayah lain.
  • Nilai dalam karya manusia dalam hal ini mengenai kesenian dan kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat.