Pengertian Pembelajaran Matematika Menurut Para Ahli

Matematika merupakan bidang studi yang wajib kita pelajari karena bidang ini sangat bermanfaat baik untuk kehidupan sehari-hari maupun untuk berbisnis dan meningkatkan perekonomian. Matematika adalah ilmu berhitung yang telah diajarkan di tingkat pendidikan yang paling dasar di Indonesia, yakni taman kanak-kanak (TK) hingga tingkat pendidikan perguruan tinggi. Sayangnya, banyak yang kurang menyukai bidang studi ini. Rumus yang rumit dan hitungan yang membutuhkan ketelitian membuat para pelajar malas untuk mempelajarinya.

Pembelajaran matematika di sekolah dari tingkat paling dasar hingga tingkat paling tinggin memiliki beberapa tujuan, yakni:

Pengertian Pembelajaran Matematika Menurut Para Ahli

  • Untuk memahami konsep matematika serta mempelajari tentang keterkaitan antara konsep dengan pengaplikasiannya dalam kehidupan
  • Memecahkan masalah yang meliputi kemampuan untuk memahami suatu masalah dan menemukan solusi pemecahan masalah tersebut
  • Menghargai kegunaan matematika dalam berbagai sisi kehidupan seperti sikap percaya diri dalam menyelesaikan masalah, rasa ingin tahu, serta rasa ulet.
  • Mengomunikasikan ide dan gagasan berupa simbol, diagram, tabel, dan sebagainya untuk lebih memperjelas maksud dan tujuan gagasan tersebut

Menurut Tinggih, matematika merupakan pelajaran yang tersusun berjenjang dari paling mudah hingga paling sulit, beraturan dan logis. Pembelajaran matematika diawali dengan pengertian serta hitungan yang mudah terlebih dahulu, setelah memahaminya, baru mempelajari bagian yang lebih sulit. Kesabaran dan keuletan juga sangat dibutuhkan dalam memecahkan masalah-masalah matematika yang dihadapi. Ketelitian dalam pengerjaan masalah juga sangat penting untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan harapan kita.

Ilmu matematika memiliki cabang-cabang ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi kehidupan. Ilmu statistika dapat bermanfaat untuk mengetahui banyaknya formasi pemain sepak bola yang mungkin. Ilmu aritmatika digunakan untuk hitung-menghitung di kehidupan sehari-hari. Ilmu geometri yang mempelajari tentang gedung dan ruangan sangat bermanfaat bagi para arsitek. Sedangkan Ilmu aljabar sangat penting  bagi para pebisnis, karena dengan mempelajarinya pebisnis dapat menghitung bagaimana ia mendapatkan laba yang banyak dengan biaya dan modal yang sedikit. Banyaknya manfaat yang didapatkan dari pembelajaran matematika menunjukkan betapa pentingnya para pelajar untuk memahami dan mempelajarinya dengan baik agar tidak merasa rugi dalam menjalani kehidupan.