Pengertian Perkembangan Menurut Para Ahli

Manusia adalah mahluk tuhan yang ingin selalu berkembang terus dan pasti, perkembangan itu sendiri dapat di rasakan dapat di lihat secara fisik maupun secara psikologis. Dimana perkembangan itu sendiri dapat mengacu pada perkembangan yang bersifat positif dan bersifat negatif hal ini tergantung bagaimana pola pikir manusia dan lingkungan yang mempengaruhinya. Oleh karenanya sangat penting sekali untuk untuk mengetahui mengenai konsep dasar mengenai pengertian perkembangan menurut para ahli.

Berdasarkan pendapat dari Kasiram, 1983 : 23  memandang perkembangan adalah sebagai makna adanya permunculan sifat  sifat baru yang berbeda dari sebelumnya, dalam hal ini adalah perkembangan itu adalah sebuah proses yang di lalui oleh seorang individu dalam menyempurnakan sifat sifat sebelumnya yang mana ini mendapatkan faktor dari pengalaman dari berbagai faktor yang dialami oleh manusia. Dimana faktor tersebut bisa datanya dari luar dan juga bisa datang dari dalam diri seseorang. Selanjutnya pendapat mengenai perkembangan juga di ungkapkan oleh Harlock yang memandang perkembangan sebagai serangkaian perubahan progresif yang terjadi sebagai akibat dari adanya proses kematangan dan pengalaman dan terdiri atas serangkaian perubahan bersifat kualitatif dan kuantitatif. Ini berarti bahwa perubahan itu adalah serangkaian perubahan yang dialami individu dai kematangan  dan pengalaman yang di hasilkan dari interaksi yang di lakukan dengan sekitarnya yang menyebabkan adanya perubahan yang dapat di hitung maupun dirasakan.

Pengertian Perkembangan Menurut Para Ahli

Demikian mengenai pengertian dari perubahan yang benar menurut para ahli, jadi kesimpulan yang dapat di petik dari pengertian perkembangan adalah  tersusun dari dua faktor yang mempengaruhi perkembangan diantaranya adalah faktor kematangan dan pengalaman. Setiap orang pastinya memiliki  kecenderungan tertentu terhadap satu faktor saja. Namun faktor yang lebih penting untuk di jadikan dasar perkembangan yang baik adalah pengalaman yang mana akan memberikan sebuah ilmu dan pelajaran yang berharga dan akan memberikan manfaat bagi kematangan perkemangan yang lebih baik. Maka, untuk itulah banyak orang yang lebih cepat perkembangan suksesnya di karenakan ini berkaitan telah banyaknya faktor pengalaman yang pernah dialami.