Pengertian pers menurut para ahli

Pers begitu dekat sekali dengan masyarakat saat ini, maka untuk itulah pengetahuan mengenai pers yang dulu hanya sekedar wartawan saja namun kini telah meluas. Pengertian dari pers menurut para ahli adalah kegiatan yang berhubungan langsung dengan media dan masyarakat yang luas. Kegiatan yang di maksud adalah kegunaannya mengacu kepada sesuatu yang bersifat jurnalistik yang meliputi meliputi, menggali dan mengumpulkan serta mengumpulkan materi dan kemudian di terbitkan berdasarkankan sumber yang valid dan terpercaya.

Menurut ahli lainnya perpendapat bahwa pers merupakan sebuah lembaga sosial serta media komunikasi massa yang melaksanakan segala kegiatan jurnalistik yang berkaitan dengan mencari, mendapatkan, memiliki, menyimpan dan mengolah serta menyampaikan informasi penting baik melalui media tulisan, gambar, suara, dan suara gambar yang di lengkapi dengan data dan grafik maupun bentuk media lainnya meliputi media cetak elektronik dan juga saluran suara.

Pengertian pers menurut para ahli

Hal ini juga di perkuat oleh menurut pandangan seorang tokoh pers nasional  yakni bapak nasional yakni Raden Mas Djokomono yang mengartikan pers sebagai bentuk dari pendapat umum yang di muat di surat kabar, yang mana ini di lakukan untuk mengorbankan semangat juang pada masyarat bangsa indonesia pada tempo masa penjajahan belanda. Maka tak heran jika pers memegang arti penting sekali bagi bangsa indonesia. Jadi masa dulu bahwa pers di gunakan oleh masyarakat dalam kaitannya sebagai sarana penyampaian informasi yang erat kaitannya pada masyarakat yang tengah berkembang di masyarakat. Namun untuk pers di zaman modern seperti ini, media yang di gunakan begitu sangat luas sekali meliputi surat kabar film, radio, dan televisi yang di gunakan untuk kegiatan jurnalistik yang kini sangat berkembang di tanah air yang di pergunakan untuk media sosial atau media interaktif yang akan menghasilkan sebuah informasi yang baru kepada masyarakat mengenai apa saja yang terjadi di tengah tengah mereka secara jelas dan nyata.

Itulah mengenai pengertian pers menurut para ahli, yang mana kesemuanya itu akan sangat bermanfaat sekali untuk menambah pengetahuan anda lebih baik lagi mengenai apa itu pers.