Penyebab Terjadinya El Nino Dan La Nina

El Nino dan La Nina adalah dinamika atmosfer dan laut yang dapat mempengauhi cuaca di sekitar laut Pasifik. El Nino adalah salah satu bentuk penyimpangan iklim yang terjadi di Samudera Pasifik. Hal ini ditandai dengan kenaikan suku permukaan laut di daerah khatulistiwa bagian tengah dan bagian timur. Untuk memantau kejadian El Nino, biasanya digunakan data pengukuran suhu permukaan laut pada bujur 170 LU. Sementara itu, fenomena La Nina adala menurunnya suhu permukaan laut pada bujur 170 KU. Baik fenomena El Nino maupun La Nina memberikan dampak bagi kehidupan manusia.

Dengan kata lain, El Nino merupakan kejadian dimana terjadi kenaikan suhu di Samudera Pasifik dan hal ini mengakibatkan perubahan pola angin dan curah hujan yang ada di atasnya. Pada saat normal, hujan banyak turun di wilayah Indonesia dan Australia. Tetapi El Nino juga mengakibatkan hujan banyak turun di Samudera Pasifik sementara itu di Indonesia dan Australia menjadi kering. Sementara itu, La Nina adalah gangguan iklim yang diakibatkan suhu permukaan laut Samudera Pasifik dibandingkan dengan daerah disekitarnya. La Nina mengakibatkan hujan turun lebih banyak di Samudera Pasifik sebelah barat Indonesia dan Australia. Sehingga, akan terjadi hujan lebat di daerah ini.

Penyebab Terjadinya El Nino Dan La Nina

Beberapa faktor penyebab terjadinya El Nino dan La Nina antara lain adalah sebagai berikut. Pertama, karena anomali suhu yang terjai di perairan samudera pasifik. Kedua, karena adanya perbedaan arus laut di perairan samudera pasifik. Kemudian, melemahnya angin pasat di selatan pasifik yang menyebabkan pergerakan angin yang jauh dari kondisi normal.

Fenomena El Nino dan La Nina di Indonesia terjadi mulai bulan April dan akan mencapai puncaknya pada bulan Agustus dan September. Kemudia, hal ini akan terus terjadi sampai bulan November atau Desember. La Nina dapat meberikan dampak positif. Misalnya saja naiknya rata-rata produksi pangan. Namun, air laut juga menjadi lebih hangat dari biasanya. Sehingga pasokan klorofil akan menurun dan pasokan ikan nelayan akan berkurang.