Perlunya Implementasi Iman Dalam Kehidupan

Tuhan menciptakan manusia dengan segala kelebihan dan kelemahan yang dimilikinnya. Kebaikan yang dimiliki manusia sebaiknya disalurkan melalui kegiatan yang positif. Namun, kelemahan yang dimiliki juga sebaiknya harus disyukuri dengan cara terus berbenah diri, berusaha, dan berdoa agar kelemahan tersebut tidak menjadi penghalang atau penghambat menuju kesuksesan. Sementara itu, kelebihan yang kita miliki juga jangan sampai membuat kita gelap mata dan sombong. Sebaliknya, kelebihan tersebut sebaiknya dapat dipergunakan untuk membantu orang lain misalnya saja dengan mendirikan yayasan amal.

Dalam menjalani kehidupan, tentu manusia akan menghadapi tantangan, hambatan, dan masalah. Namun, sebagai manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan, sudah sepatutnya kita berserah diri kepada-Nya. Iman dalam hal ini berarti  percaya dan meyakini bahwa segala sesuatu di dunia terjadi dengan kehendak Tuhan. Sehingga, apabila kita menemui hambatan atau rintangan, sebaiknya kita berdoa agar dimudahkan. Selain itu, kita juga dapat meminta pertolongan kepada-Nya.

Perlunya Implementasi Iman Dalam Kehidupan

Perlunya implementasi iman dalam kehidupan bukan hanya sekedar mengharapkan kemudahan dan pertolongan tetapi juga untuk mendapatkan ridha-Nya. Di samping itu, dengan beriman kepada Tuhan, berarti kita percaya bahwa segala sesuatu yang kita lakukan pasti akan diawasi oleh Tuhan melalui malaikat-Nya. Sehingga, menyadari hal tersebut kita seharusnya dapat selalu menjalankan kebaikan dan menghindari perbuatan mungkar. Disamping itu, orang yang beriman akan selalu bersyukur. Rasa syukur merupakan ungkapan rendah diri manusia dihadapan Tuhan. Dalam kehidupan, rasa syukur merupakan hal yang penting karena hal ini akan membuat manusia berterima kasih atas segala karunia Tuhan.

Sementara itu, iman implementasi iman dalam kehidupan dapat dilakukan dengan cara menghormati, menghargai, dan membantu orang lain. Sebagai makhluk sosial, tentu manusia tidak dapat hidup sendiri. Sehingga, sudah sepatutnya kita saling tolong menolong terutama dalam kebaikan. Di samping itu, salah satu hal penting yang nengenai implementasi iman adalah ikhlas. Manusia yang beriman adalah yang meyakini takdir Tuhan. Sehingga, apabila manusia menghadapi cobaan, maka dia akan berserah, sabar, dan ikhlas.