Tata Cara Melakukan Hubungan Suami Istri Menurut Islam

Islam merupakan agama yang telah mengatur semua aspek kehidupan pagi pemeluknya. Salah satunya adalah tata cara melakukan hubungan intim suami istri. Mengapa demikian? Hal ini dilakukan dengan tujuan, agar suami istri mendapatkan nikmat dan pahala. Yang perlu diperhatikan sebelum melakukan hubungan suami istri :

  • Waktu yang baik

Kapankah waktu yang dianggap baik itu? Tidak ada keharusan melakukan hubungan suami istri dihari-hari tertentu. Namun sebagian ulama menyarankan untuk melakukannya pada hari jum’at. Tapi alangkah baik lagi jika dilakukan Ketika suami dan istri merasa siap. Tidak ada paksaan dalam melakukan hubungan intim. Suami istri harus melakukan kesepakatan. Mana waktu yang pas dalam melakukan hubungan intim.

Tata Cara Melakukan Hubungan Suami Istri Menurut Islam

Jangan melakukan hubungan intim ketika istri sedang haid apalagi melakukan pada duburnya. Islam mengharamkan hal itu. Lakukanlah ditempat yang telah dianjurkan dalam islam. Suami juga diperbolehkan melakukan hubungan intim sesuai dengan yang disukai. Seperti yang terkandung dalam surah Al-Baqoroh ayat 223 : “ Istri-istrimu adalah (seperti) tanah tempat kamu bercocok tanam, maka datangailah tanah tempat bercocok- tanammu itu bagaimana saja kamu kehendaki.”

  • 2.    Membersihkan diri dan memakai wangi-wangian

Sebaiknya kita membersihkan diri terlebih dahulu seperti mandi dan menggosok gigi setelah itu memakai wangi-wangian. Bila tubuh dalam keadaan bersih, nikmat dalam melakukan hubungan intim akan semakin bertambah.

Membersihkan diri juga sebaiknya dilakukan ketika pasangan suami istri ingin mengulang hubungan intim (mencuci kemaluan dan mengambil wudhu).

  • Mengambil wudhu

Mengambil air untuk berwudhu juga disunahkan sebelum melakukan hubungan suami istri. Tujuan dari mengambil wudhu sebenarnya hampir sama dengan mandi yaitu membersihkan diri. Namun secara tidak menyeluruh. Berbeda halnya dengan mandi.

  • Salat 2 Raka’at

Salat 2 raka’at dilakukan ketika melakukan hubungan suami istri untuk yang pertama kali. Biasanya dilakukan oleh pengantin baru.

  • Membaca doa

Bacaan doa yang diucapkan sebelum melakukan hubungan suami istri adalah sebagai berikut:
Membaca basmallah lalu qul huwa allaahu ahad dilanjutkan membaca takbir allaahu akbar kemudian laa ilaaha illallaah. Doa yang diucapkan:

?????? ??????? ?????????? ??????????????????????????????? ???????????? ??????????????

“Dengan Nama Allah, Ya Allah, Jauhkan kami dari syetan dan jauhkan syetan agar tidak mengganggu apa ( anak ) yang engkau rezekikan kepada kami.” ( HR. Bukhari dan Muslim)

  • Adab

    Lakukanlah foreplay terlebih dahulu, jangan langsung ke inti. Seperti yang terkandung dalam hadis ( HR. Tirmidzi ) :
“Janganlah salah seorang diantara kalian menggauli istrinya seperti binatang. Hendaklah ia terlebih dahulu memberikan prndahuluan, yakni ciuman dan cumbu rayu.”

  • Mandi besar ( Jinabat )