Tata Cara Shalat Dhuha yang Benar Beserta Doanya

Pernahkan Anda melakukan Shalat pada waktu matahari sedang naik? Ya, Shalat itu disebut Shalat Dhuha. Sekurang-kurangnya Shalat Dhuha ini dilakukan sebanyak 2 rakaat, tapi bisa dilakukan 4, 6, ataupun 8 rakaat, tergantung kepada kita memilih yang mana.

  • Nabi Muhammad SAW. Pernah bersabda, ( diriwayatkan oleh Abu Hurairah Ra.) :

QAALA RASULULLAHI SAW. : “MAN HAAFAZHA ‘ALAA SYUF’ATIDL DLUHA, GHUFIRA LAHU DZUNUBUHU WAIN KAANAT MITSLA ZABADIL BAHRI.”

Artinya : “Siapa saja yang dapat mengerjakan Shalat dhuha dengan langgeng, akan diampuni dosanya oleh Allah, sekalipun dosa itu sebanyak busa lautan.” ( HR. Turmudzi )

  • Waktu mengerjakan :

Dilakukan ketika matahari sedang naik kurang lebih 7 hasta ( pukul tujuh sampai waktu masuk dhuhur )

  • Niat Shalat Dhuha:

USHALLI SUNNATADL DLUHA RAK’ATAINI LILLAAHI TA’ALA. ALLAHU AKBAR.

Artinya : “Aku niat Shalat sunat Dhuha dua rakaat, karena Allah ta’ala. Allahu Akbar.”

  • Bacaan untuk Shalat Dhuha:

Pada rakaat pertama membaca surat Asy Syamsu ( Wasy Syamsi Wadluhaaha)
Pada rakaat pertama membaca surat Al Dhuha ( Wadl-dluhaa wal laili)

Tata Cara Shalat Dhuha yang Benar Beserta Doanya

  • Doa Setelah Shalat Dhuha :

ALLAAHUMMA INNADL DLUHAA-A DLUHAA-UKA WAL BAHAA-A BAHAA-UKA WAL JAMAALA JAMAALUKA WALQUWATA, QUWWATUKA WALQUDRATA QUDRATU KA WAL ISHMATA ‘ISHMATUKA. ALLAAHUMMAIN KAANA RIZQII FIS SAMAA-I FA ANZILHU, WAIN KAANA FIL ARDLI FA-AKHRIJHUWAINKAANA MU’ASSIRANFAYASSIRHU WAIN KAANA BAIIDAN FAQARRIBHU BIHAQQI DLUHAA-IKA WABAHA-IKA WAJAMAALIKA, WAQUDRATIKA, AATINII MAA ATAITA ‘IBAADIKASH SHAALIHIIN

Artinya :  “Ya Allah, bahwasanya waktu dhuha itu waktu dhuha-Mu, kecantikan ialah kecantikan-Mu, keindahan itu keindahan-M, kekuatan itu kekuatan-Mu, kekuasaan itu kekuasaan-Mu dan perlindungan itu perlindungan-Mu. Ya Allah, jika rizkiku masih diatas langit, turunkanlah. Dan jika ada didalam bumi, keluarkanlah jika sukar mudahkanlah, jika haram sucikanlah, jika masih jauh dekatkanlah, berkat waktu dhuha, keagungan, keindahan, kekuatan dan kekuasaan-Mu, limpahkanlah kepada kami segala yang Engkau limpahkan keada hamba-hamba-Mu yang shaleh.”

Shalat Duha umumnya dilakukan untuk meminta Rizki kepada Allah SWT. Lakukanlah terus menerus agar Allah SWT cepat membukakan pintu Rizki kita.