Altec Lansing VS. 4121

Di 2003 saja, ketika pertama kali mendengar kualitas suara Speaker Altec Lansing ini, seakan gak percaya. Beneran kawan! Kamu gak akan percaya bahwa speaker kecil, imut nan elegan ini bisa menghasilkan suara ekstra dahsyat. Apalagi waktu itu di tes dengan lagu “Yeah” dari Usher. Dentuman Bass-nya bener-bener renyah, sama sekali gak mandeg seperti kebanyakan speaker sekelas Simbadda dengan harga yang sama.

Setelah nunggu hampir lima tahun, akhirnya bisa punya kesempatan menyisihkan duit untuk membeli speaker ini. Bayangkan, 5 tahun Kawan! 5 tahun! Tetap saja masih terpesona ma speaker lama. Maklum, harga promonya di Juli 2009 saja masih 560an ribu. Harga toko untuk daerah Makassar kemarin masih sekitar 850ribu. Ampun …

Kata Mas Arif, Altec Lansing memang hanya untuk telinga advance. Kalo telinganya standar, mending dengernya pake earphone saja, atau speaker Mentari yang harga 25 ribuan.

Tapi memang bener kawan, speaker ini bukan hanya speaker. Ini adalah gaya hidup dan integrasi teknologi dalam kemewahan. Kualitas suaranya benar-benar oke jika digunakan untuk muter lagu-lagu jazz, pop, dangdut, rock juga. Padahal jika melihat penampilan fisik, dua satelit di sampingnya tak lebih lebar dari tiga jari tangan.

Pengen Liat spesifikasi Altec Lansing VS. 4121?

Specifications Altec Lansing VS. 4121 (2 Speakers + 1 Subwoofer)

SOUND PRESSURE LEVEL (SPL): 97 dB

TOTAL CONTINUOUS POWER: 31 Watts RMS

# Front Speakers: 6 Watts/channel @ 4 ohms @ 10% THD @ 150 – 20000 Hz 2 Channels Loaded

# Subwoofer: 19 Watts @ 4 ohms @ 10% THD @ 20 – 150 Hz Single Channel Loaded

SYSTEM RESPONSE: 25 Hz – 15 kHz (-10dB)

SIGNAL TO NOISE RATIO @ 1 KHZ INPUT: > 73 dB

DRIVERS (PER SATELLITE): Two 28mm full-range and one 3″ mid-bass driver

DIMENSIONS: 4″ (W) x 4.7″ (D) x 9.2″ (H)

SUBWOOFER DRIVER: One 6.5″ long-throw woofer

DIMENSIONS: 8″ (W) x 9.9″ (D) x 13.6″ (H)

  • Serious Power – Experience what great performance is all about!
  • Deep Bass Subwoofer – Feel shakes and quakes from the front-firing, long-throw subwoofer housed in a solid-wood cabinet.
  • Crisp High End – Specially engineered Micro drivers reproduce highs with thrilling clarity.
  • Exceptional Sound Dispersion – Our unique, down-firing midrange driver fills the room with rich, accurate sound – you’ll enjoy clean mids anywhere in the room.
  • Revolutionary, Low-Profile Design – Looks great and fits virtually anywhere.
  • Built-in Controls – Include power on/off, master volume, plus bass and treble.
  • Headphone Jack – For private listening.
  • Shielded Satellites – For use near video monitors. (Source : Alteclansing.com)
  • Color-coded Cables – Ensures you’ll be up and running in seconds.

Kualitas suara yang hebat ini ternyata didukung oleh model dan bahan Altec VS. 4121 ini. Kalo biasanya speaker menggunakan bahan dari asbes atau sejenisnya, Altec yang ini sepertinya dari alumunium atau besi apa gitu. Yang pasti, warna hitamnya bikin tampilannya makin elegan. Pasokan listrik juga mesti stabil jika ingin mendapatkan kualitas suara yang prima. Setelah penggunaan beberapa pekan, saya baru nyadar bahwa si Altec ini begitu peka dengan naik turunnya tegangan. Hmmm … Desa, kualitas listriknya ampun.

Tapi secara keseluruhan, Altec Lansing patut dapat acungan dua jempol, untuk speaker indoor dengan harga segitu, kualitasnya dah Oke banget. Pengen nyoba? 🙂