Kesalahan Fatal bagi Kesehatan Tulang Belakang Anda

Anda sering nonton TV di ranjang? Aih. Bahaya! Menonton TV di tempat tidur bisa berbahaya. Gak percaya? Baca artikel berikut ini!

Banyak faktor dituding sebagai pemicu bergesernya tulang vertebrae, yang mengakibatkan masalah nyeri pada tulang belakang dan leher.

Faktor-faktor tersebut antara lain, karena  mengangkat beban berat dengan cara keliru, kecelakaan lalu lintas, terjatuh, cedera olahraga, kebiasaan duduk terlalu lama, sikap postur yang salah, atau melakukan gerakan berulang-ulang pada satu sisi dalam jangka panjang, gangguan gerak pada sendi tulang, iritasi jaringan saraf, stres, serta meningkat atau menurunnya aliran darah di sekitar kawasan subluksasi.

Dr. Tinah Tan, sarjana kedokteran Unika Atma Jaya, yang memperdalam chiropractic di Royal Melbourne Institute of Technology (RMIT) Australia, memperpanjang daftar dengan hal sehari-hari yang kadang dilakukan tanpa disadari, seperti kebiasaan tidur dalam posisi yang buruk, bangun tidur terlalu mengentak, atau tiba-tiba membungkuk untuk memungut barang jatuh di lantai. Bahkan membaca atau belajar sambil duduk di lantai pun dapat menyebabkan tulang punggung tertarik.

Kebiasaan menonton televisi di atas tempat tidur juga dianggap sebagai kebiasaan jelek. Apalagi jika posisi televisi cukup tinggi, sehingga sambil berbaring kepala diganjal bantal. “Kurang bagus buat tulang leher, sebab ranjang bukan untuk duduk menonton televisi, melainkan untuk tidur,” dr. Tinah mengingatkan.

Ia juga menyarankan ibu-ibu yang hobi shopping, agar tak menenteng barang belanjaan yang cukup berat ke sana kemari. “Gunakan troli, atau titipkan dulu di suatu tempat.”

Menjaga “Gardu Belakang” Tetap Sehat

  • Angkatlah barang apa pun sesuai kekuatan Anda, jangan asal angkat. Tekuk lutut dan biarkan kaki bekerja. Rapatkan barang ke tubuh.
  • Saat duduk, gunakan kursi yang tegak turus, jangan yang rendah dan lembut. Jangan duduk terlalu lama. Bangun dan lakukan peregangan setiap 20 – 40 menit.
  • Jangan terlalu lama berdiri dalam satu posisi.
  • Hindari menyetir tanpa istirahat. Sesuaikan kursi Anda setiap saat.
  • Jangan duduk sepanjang hari tanpa aktvitas. Usahakan setiap hari 20 – 30 menit berjalan, bersepeda, atau berenang.
  • Jangan terlalu lama berada di ranjang. Kasur busa agak keras lebih baik untuk punggung.
  • Saat bangun tidur, miringkan tubuh, turunkan kedua kaki ke lantai, baru angkat tubuh dibantu tangan. Jangan bangun ala sit-up. Hindari gerakan yang terlalu cepat dan mendadak.

Semoga bermanfaat.

Source : Sebuah artikel di PC.