Rahasia Kesuksesan Orang Jepang

Jepang, sebuah negara maju dan sukses yang terletak di benua asia, kenapa mereka bisa sesukses itu? Berikut kiat-kiat yang mereka terapkan di kehidupan sehari-harinya :

Rahasia Kesuksesan Orang Jepang #1 : Senantiasa bekerja keras

Sebenarnya kerja keras bukan hal yang asing dalam kiat sukses dalam segala hal, karena dengan bekerja keras berarti kita telah bersungguh-sungguh dan serius. Tak sedikit orang yang telah berhasil karena senantiasa berkerja keras dan bersungguh-sungguh.

Rahasia Kesuksesan Orang Jepang #2 : Pantang Menyerah

Setelah kahancuran akibat PD yang kedua, negara jepang benar-benar hancur, namun mereka membuktikan bahwa mereka tidak pantang menyerah dengan menjadikan negaranya menjadi salah satu pusat ekonomi dunia dalam jangka waktu yang tidak lama.

Rahasia Kesuksesan Orang Jepang #3 : Menjaga Kehormatan

Rela mati demi kehormatan, itu menjadi pegangan hidup. Mending mati daripada harus hidup dengan menanggung rasa malu dan bersalah, maka dari itu ada yang namanya ritual harakiri (itu tuch… bunuh diri ala jepang) dan itu dilakukan karena mereka malu dengan kesalahan mereka sendiri dan patut untuk mendapatkan hal yang setimpal yakni dengan jiwa mereka sendiri. Maka dari itu, disaat mereka ingin tetap hidup mereka akan senantiasa menjaga kehormatan mereka sendiri.

Dalam pemerintahanpun demikian, tak sedikit dari mereka yang mengundurkan diri karena telah melakukan kesalahan bahkan ada yang sampai bunuh diri karena telah terlibat kasus korupsi. Disini bukannya ane menyarankan ente untuk bunuh diri karena telah melakukan sebuah kesalahan, namun paling tidak kita bisa ambil sisi baiknya dengan selalu intropeksi diri, dan hindari melakukan hal yang tidak baik.

Rahasia Kesuksesan Orang Jepang #4 : Rajin Membaca

Budaya membaca sudah jadi sarapan tiap hari disana, sambil tiduran, sedang dalam perjalanan, dalam kereta, dalam bus, ataupun sambil ngopi!

Sekarang ini sudah banyak media baca yang bisa kita manfaatkan, apalagi internet sudah menjamur di berbagai wilayah bahkan pelosok pun tak lepas dari jarahannya. Pintar-pintarlah memanfaatkan waktu, dikala luang kita bisa memanfaatkan untuk membaca, terserah ente mau baca apa (yang penting jangan membaca pikiran), koran bekas kemarin aja masih bisa ente baca, siapa tahu bisa dapat info yang bisa membuat ente kaya mendadak atau bisa dapat pekerjaan yang sudah lama ente idam-idamkan dan sebagainya.

Rahasia Kesuksesan Orang Jepang #5 : Menjaga Tradisi

Masa depan tidak akan ada tanpa masa lalu, dan masa depan bisa berkembang dengan mempelajari masa lalu. Ditengah teknologi yang kian marak, rakyat jepang tidak pernah meninggalkan tradisi nenek moyang mereka, selalu menjaga tradisi, jadi meski sudah berkembang dengan sangat maju mereka tetap tidak kehilangan identitas mereka sebenarnya.

Setelah membaca kiat diatas, seharusnya ente-ente bisa belajar dan menerapkannya. Rahasia Kesuksesan Orang Jepang.