Insomnia | Cara Mengatasi Insomnia | Masalah Susah Tidur

Banyak yang bilang Imsomnia-Imsomnia dan Imsomnia. Sebenarnya apa sich Imsomnia itu? Imsomnia adalah keadaan dimana seseorang mengalami susah tidur ataupun keadaan dimana seseorang itu tertidur namun tidak nyenyak (Bahasa Perancisnya “Angkler”… kwkwkwk). Penelitian dari para pakar menyebutkan bahwa 1 dari 3 orang pernah mengalami yang namanya Imsomnia, jika ente mau utak atik di dumay tentang penyakit ini sebenarnya akan banyak yang menyediakan informasinya. Namun berhubung ente sudah mengunjungi dan membaca artikel yang ada di page ini, jadi sebagai penghormatan ane kepada ente-ente semua, ane berikan dech informasinya. Ea mungkin tidak lengkap tapi kalau cuman sekedar buat nambah-nambah ilmu di database ente ane pikir udah cukup dech!

Jenis Insomnia

Yang ane kumpulkan penyakit insomnia itu ada 3 macam yaitu:

  1. Susah tidur (sleep onset insomnia)
  2. Terbangun di tengah malam (sleep maintenance insomnia)
  3. Bangun lebih cepat (early awakening insomnia)

Penyebab Insomnia

Trus mengenai penyebab insomnia antara lain adalagi sebagai berikut:

  • Ketika usia mulai senja (kayak matahari aja), maka tingkat stres juga akan meningkat, dan masalah pesikis yang terganggu ini bisa menjadi sebab seseorang mengalami yang namanya imsomnia.
  • Tidak hanya masalah psikis, masalah penyakit tubuh pun bisa menjadi penyebab, seperti asma, demam dan sebagainya.
  • yang ini sebenarnya menjadi masalah pribadi karena ada juga orang yang tetap bisa tidur meskipun keadaan lingkungan mengganggu, seperti keributan yang dihasilkan tetangga atau lingkungan sekitar.
  • Kebiasaan buruk (sebenarnya kagak terlalu buruk juga sich) yang sering dilakukan menjelang tidur seperti minum kopi, suplemen dan sebagainya.
  • Yang aneh, ada beberapa orang yang menggunakan tempat tidur (ranjang;Red) menjadi tempat serba guna, seperti tempat laptop, buku, berbagai alat kesenian, dan sebagainya yang tidak seharusnya berada ditempat tidur. Nah, itu menyebabkan ente bukannya tidur tapi malah mengalami imsomnia.
  • Yang terakhir ada kabar dari si burung kalau-kalau seorang wanita itu lebih rentan terserang penyakit imsomnia dari pada seorang pria, mungkin karena pemikiran seorang wanita itu lebih maju dibandingkan seorang pria yang seumur.

Cara Mengatasi Insomnia

Nah, sekarang cara mengobati insomnia. Kamu bisa coba beberapa langkah berikut :

  • Mandilah dengan air hangat sebelum tidur (kalau ane sich beda, mandi dengan air yang dingin juga akan membuat ane ngantuk).
  • Cara lama seorang ibu untuk membuat anaknya tidur dengan sendirinya, yaitu dengan menghitung sebanyak mungkin apapun, misalnya menghitung nyamuk yang menggigit dan yang sedang beterbangan, atau menghitung mulai dari 1 sampai 10.000. misalkan, terserah ente juga mau ngitungin apa ko’.
  • Mendengarkan musik slow, atau radio yang sedang memancarkan cerita atau dongeng yang paling tidak bisa membuat ente terlelap dengan sendirinya.
  • Jangan banyak-banyak minum kopi andai ente seorang kopikers.
  • Tidur di lingkungan yang nyaman tenang, ea kalau yang tenang ane punya saran di pos jaga yang berada dikuburan…..eh eh eh!
  • Yang terakhir biasakanlah tidur dengan waktu yang teratur, kalau perlu buat list harian yang mengatur waktu ente.

Kalau cara mengatasi imsomnia diatas tetap gagal, siap-siap aja mengeluarkan jurus terakhir yaitu dengan menyalakan tipi kemudian cari channel MTv, dan mentelengin acara MTv Imsonia sampai selesai, ntar ngantuk juga kalau udah sampai waktu pagi … Kwkwkwkwk.

Baca juga Kisi-Kisi UN 2013 dan UN 2013 20 Paket