Walikota Terbaik Di Dunia

Situs worldmayor.com beberapa waktu lalu telah mengumumkan daftar wali kota terbaik di dunia. Penilaian tersebut dilakukan berdasarkan kinerja yang telah dilakukan oleh para walikota tersebut selama periode jabatannya. Ingin tahu siapa saja wali kota terbaik di dunia tersebut?

Inaki Azkuna
Azkuna adalah walikota Balibo di negara Spanyol. Pada tahun 2009, ia dinobatkan sebagai walikota terbaik dunia tahun 2012. Penghargaan ini sepertinya memang pantas diberikan untuk Azkuna karena selama ia menjadi walikota, banyak perubahan yang terjadi di Bilbao. Pemerintah berjalan lancar dan hampir tidak ada korupsi. Selain itu, ia juga berhasil menurunkan polusi dengan cara memindahkan pusat industri.

Lisa Scaffidi
Scaffidi terpilih sebagai walikota Perth pada bulan Oktober 2007 yang menjadikannya sebagai walikota perempuan yang pertama di Perth, Australia. Pada Oktober 2011 kemarin, ia terpilih kedua kalinya sebagai walikota. Dalam masa jabatannya Scaffidi sangat gigih dalam memperjuangan pertumbuhan di kotanya.

Joko Widodo
Pria yang kerap disapa Jokowi dan telah menjadi Gubernur di DKI Jakarta ini mendapatkan peringkat ketiga walikota terbaik dunia atas kinerjanya selama menjadi walikota Solo selama dua periode. Selama menjadi walikota, Jokowi banyak melakukan perubahan. Ia berhasil mengubah daerah rawan kriminal menjadi tempat wisata. Jokowi juga dikenal sebagai walikota yang peduli dengan kaum kecil. Selama menjadi walikota, ia tidak pernah mengambil gajinya. Selain itu, ia juga lebih sering menghabiskan wakti kerjanya di lapangan daripada bekerja di kantor.

Regis Labeaume
Regis terpilih sebagai walikota Quebec, Kanada pada bulan Desember 2007 lalu karena walikota Andree Boucher meninggal dunia. Labeaume terpilih kembali dalam pemilihan tahun 2009 lalu. Para pemilihnya sangat menyukai kerja keras Labeaume. Ia juga dikenal jujur dan tidak memberi toleransi pada siapa pun yang korupsi.

John F Cook
Cook telah menjabat walikota El Paso, Amerika Serikat selama dua periode berturut-turut. Selama menjabat walikota, Cook banyak melakukan perubahan. Salah satu perubahan tersebut adalah ia berhasil menjadikan El Paso sebagai kota paling aman di Amerika Serikat.