Bassist Terbaik Dunia


Dalam sebuah grup musik, pemain bass seringkali kurang diperhitungkan. Padahal sebenarnya bass merupakan instrumen yang sangat penting untuk melancarkan tempo dari sebuah lagu. Namun ternyata tidak semua bassist kurang diperhatikan karena ternyata ada beberapa bassist terbaik dunia yang telah mencuri perhatian para pecinta musik.
Sid Vicious
Dari sisi musikalitas, Sid sebenarnya tidak begitu spesial. Bahkan ia konon tidak bisa bermain musik. Namun, ia bisa menjadi pentolan Sex Pistols, padahal Sid adalah personel baru dalam grup musik tersebut. Bahkan, manager Sex Pistols, Mc Laren pernah berkata bahwa penonton selalu lebih condong ke kiri saat Sex Pistols manggung karena penonton ingin melihat Sid lebih dekat.
Flea
Michael Flea Barzaly adalah anggota grup musik Red Hot Chili Peppers. Ia dikenal memiliki aksi panggung yang atraktif. Selain itu, musikalitasnya juga tinggi. Flea adalah bassist yang cukup berpengaruh di era 90an. Flea mencampurkan antara hard rock, psychedelic rock, dan punk.
Billy Sheehan
Sheehan merupakan ikon dari MR Big. Ia selalu menampilkan gaya bermain bass seperti seseorang yang sedang bermain gitar, yaitu banyak memetik dengan 3 jari. Ia juga telah berhasil memenangkan polling di majalah ‘Guitar Player’ hingga 5 kali untuk kategori The Best Rock Bass Player.
John Entwistle
Bassist yang satu ini berasal dari sebuah grup band legendaris yaitu ‘The Who’. Oleh sebab itu, tidak heran jika John menjadi salah satu bassis terbaik dunia. Ia selalu menyuguhkan permainan progresif yang banyak dijadikan sebagai panutan oleh para pemain bass lain, termasuk Flea. Bahkan ternyata John merupakan pelopor untuk grup band yang sering menghancurkan alatnya setelah bermain.
John Myung
Myung merupakan anggota dari grup musik Superband Dream Teathre. Awalnya, John merupakan pemain musik klasik. Oleh sebab itu, tidak heran jika sound-sound bassnya lebih banyak terdengar seperti musik klasik. Alat musik yang dipelajari oleh Myung adalah biola. Kemudian pada umur 15 tahun Myung menjadi seorang bassist dan membuat namanya dikenal oleh dunia.