Proses Terjadinya Fotosintesis

Fotosintesis merupakan proses pembentukan energi dan glukosa atau zat makanan yang bisa berlangsung karena peranan cahaya matahari dan juga memanfaatkan air, mineral, serta karbon dioksida. Alga, tumbuhan, dan sejumlah bakteri lainnya adalah makhluk hidup yang mampu melakukan fotosintesis. Tentu saja fotosintesis sangat penting bagi kelangsungan hidup semua makhluk hidup di bumi. Mengapa demikian? Sebab hampir seluruh makhluk hidup menggantungkan diri pada energy yang harus dihasilkan oleh proses fotosintesis ini.

Fotosintesis atau yang juga disebut dengan istilah fotosintesis ini akan menghasilkan nutrisi. Pada umumnya, daunlah yang memiliki fungsi utama untuk melakukan fotosintesis. Tahukah Anda jika proses fotosintesis juga memproduksi sebagian besar oksigen yang sangat dibutuhkan oleh manusia untuk bernapas? Fotosintesis adalah salah satu cara berasimilasi karbon lantaran di dalam fotosintesis karbon bebas dari CO2 akan diikat menjadi gula sebagai molekul penyimpanan energi.

Proses terjadinya fotosintesis oleh tumbuhan adalah dengan memakai air dan karbondioksida untuk memproduksi gula dan oksigen sebagai makanannya. Glukosa juga bisa dimanfaatkan untuk membentuk senyawa organik lain, misalnya seperti selulosa dan juga dapat dijadikan sebagai bahan bakar. Tumbuhan mendapat cahaya melalui pigmen yang juga disebut dengan klorofil (pemberi warna hijau pada daun).  Tentu saja tumbuhan memerlukan udara, sinar matahari, dan air untuk melakukan fotosintesis dan menghasilkan makanan penopang hidupnya sendiri.

Tanaman akan menghasilkan oksigen sebagai hasil yang tidak diperlukan lagi meskipun sebagian besarnya bisa digunakan untuk bernapas. Proses terjadinya fotosintesis ini memang memiliki banyak fungsi penting, seperti di bawah ini :

  • Menghasilkan glukosa sebagai bahan dasar pembuat zat makanan yang lain seperti protein dan lemak.
  • Dapat mengurangi karbondioksida (CO2) dan memperbanyak oksigen (O2)
  • Mampu membuat sisa tumbuhan di masa lalu menjadi batu bara yang diperlukan oleh manusia.
  • Membantu proses tumbuh dan kembang tumbuhan.
    Menghijaukan bumi

Pada umumnya, proses terjadinya fotosintesis ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu reaksi terang dan gelap. Reaksi terang terjadi di dalam membran tilakoid (grana). Reaksi terang ini juga disebut dengan fotolisis lantaran melakukan proses penguraian molekul air dan menyerap cahaya menjadi hydrogen dan oksigen. Sedangkan reaksi gelap terjadi di dalam stroma. Reaksi ini menghasilkan gula dari bahan dasar CO2 yang didapatkan dari energy yang dihasilkan dari reaksi terang dan juga energi.