Mengatasi Mabuk Perjalanan Pada Bayi

Bayi sering rewel dan muntah-muntah setiap kali Anda mengajaknya melakukan perjalanan? Mungkin ini adalah gejala mabuk perjalanan yang menimpa buah hati Anda. Mabuk perjalanan adalah sebuah hasil dari kebingungan indera yang ditangkap oleh otak. Contohnya saja, ketika seorang bayi didudukkan di kursi bagian. Matanya hanya akan melihat ke arah belakang kursi. Namun, di saat yang bersamaan juga, sensor gerak dari telinga si kecil akan memberitahu otak apabila tubuhnya sedang maju ke depan. Pada umumnya, setiap bayi mempunyai pusat keseimbangan di telinga bagian dalam yang lebih sensitive. Anda kebingungan membuat anak menjadi tidak rewel?

Berikut kami akan berikan tips untuk menjadi penenang perut pada bayi:

–    Rencanakan rute perjalanan yang lebih banyak menggunakan jalan raya yang lurus, hindarilah melewati kota-kota yang sibuk sehingga kendaraan yang Anda tumpangi sering melakukan pemberhentian dan berayun ke depan. Ini tentu saja akan mengganggu perut si kecil.

–    Alangkah baiknya Anda melakukan perjalanan bersamaan dengan jadwal tidur siang si bayi. Ya, waktu terbaik untuk memulai perjalanan adalah menjelang si kecil tidur siang karena hal itu akan meminimalisir rasa mual pada si kecil. Dengan hal itu, Anda jadi dengan mudah mencapai tujuan tanpa mendapati anak rewel karena mabuk perjalanan.

–    Berilah anak Anda makanan, namun jangan sampai dia terlalu kenyang. Beri saja si buah hati makanan ringan seperti makanan rendah lemak, tanpa susu berupa sereal maupun buah-buahan.

–    Penuhi tanki bensin mobil terlebih dahulu. Ketahuilah jika kebanyakan bayi itu sangat sensitif terhadap asap knalpot, khususnya jika terlalu lama Anda berada di pom bensin untuk mengisi bahan bakar.

–    Jangan berikan si kecil games. Ini berfungsi agar si kecil bisa lebih fokus pada objek jauh. Baliho, bangunan, dan pegunungan jauh akan lebih ramah perut selama perjalanan ketimbang dengan Anda memberikan sebuah permainan di gadget.

–    Udara segar merupakan partner perut yang terbaik. Bukalah jendela di sisi-sisi untuk membuat sirkulasi udara dalam kendaraan anda membaik, hindarilah juga menggunakan pengharum yang terlalu berlebihan.

Itulah kiranya tips mengatasi mabuk perjalanan pada bayi yang bisa kami berikan, semoga bermanfaat bagi Anda dan kesehatan bayi Anda beserta seluruh keluarga selama menjalani perjalanan.