Cara Menjaga Kesehatan Mata

Mata adalah salah satu organ vital pada tubuh. Mata memiliki fungsi yang sangat penting bagi kehidupan yaitu untuk melihat. Dengan mata kita bisa menikmati indahnya pemandangan pegunungan. Dengan mata kita bia melihat semua ciptaan Tuhan. Karena fungsinya inilah maka kita harus selalu merawat kesehatan mata.

Tentu sudah tidak asing alagi ditelinga kita banyak orang mengalami rabun jauh atau rabun dekat. Masalah mata ini tidak hanya dialami oleh orang yang udah lanjur usia namun juga bisa menyerang usia muda.

Untuk menjaga kesehatan mata Anda, tidak ada salahnya jika Anda mencoba tips berikut ini:

  1. Hindari melihat sinar atau cahaya yang terlalu terang
    Cahaya lampu yang terlalu terang atau cahaya matahari memiliki radiasi yang sama bahayanya jika dilihat langsung oleh mata. Cahaya yang terlalu kuat dan terang akan merusak jaringan mata.
  2. Hindari membaca di tempat yang redup
    Untuk menjaga kesehatan mata, sebaiknya Anda menjauhi tempat dengan cahaya lampu yang redup saat akan membaca. Jika dipaksakan, hal ini akan menyebabkan otot mata menjadi tegang.
  3. Gunakan kacamata di saat yang tepat
    Gunakanlah kacamata Anda saat Anda sedang membaca atau melihat layar komputer. Kacamata bisa menjadi pelindung bagi mata Anda dari radiasi dan bahan kimia disekitar lingkungan Anda.
  4. Hindari berlama-lama didepan komputer
    Untuk menjaga kesehatan mata Anda, setiap kali mata Anda merasa lelah karena seharian berlama-lama di depan komputer, maka ambillah waktu beberapa menit untuk mengistirahatkan mata Anda.
  5. Gunakan kacamata hitam
    Kenakanlah kacamata hitam dengan lensa yang terpolarisasi sehingga bisa menjadi pelindung bagi mata Anda dari sinar ultraviolet.
  6. Gunakan mentimun
    Kompreslah kelopak mata Anda dengan irisan buah mentimun dingin selama 10 menit sebelum tidur di malam hari.
  7. Kurangi penggunaan obat tetes mata
    Saat mengalami iritasi atau mata merah, biasanya kita langsung meneteskan obat tetes mata. Hal ini memang sangat dianjurkan, namun sebaiknya hanya sesekali saja dilakukan karena jika terlalu sering maka akan merusak kesehatan mata.