Cara budidaya ikan lele sangkuriang

Anda bingung ingin berwirausaha tapi tidak mempunyai modal? Jangan menyerah dan jangan putus asa, karena disini ada solusinya, yaitu berusaha tanpa modal besar. Banyak sekali usaha yang menggunakan modal sedikit atau ringan. Salah satunya yaitu membudidaya ikan lele sangkuriang.

Cara budidaya ikan lele di  Kolam Terpal
Cara  budidaya ikan lele sangkuriang harus memperhatikan kualitas kolam. Karena budidaya lele merupakan bisnis yang cukup menjanjikan dan dari tahun ketahun permintaan pasar selalu meningkat. Ikan lele yang paling mudah dibudidayakan adalah ikan lele dumbo. Selain memiliki tekstur daging yang renyah ikan lele dumbo juga merupakan jenis lele yang cepat besar, dan dalam perawatannya juga sangat mudah dilakukan, sehingga ikan lele dumbo ini diminati banyak orang.
Meski  kondisi air tempat memelihara ikan lele dumbo tidak terlalu bersih, tetapi ikan ini terbukti dapat bertahan hidup dan berkembang dengan baik. Oleh sebab itu memelihara ikan lele di kolam terpal juga sangat layak dilakukan.
Dengan membudidayakan ikan lele melalui terpal, maka salah satu keuntungan yang bisa didapatkan adalah usaha ini dapat dijalankan meski  modal yang tersedia tidak terlalu besar.

Dalam budidaya ikan lele di kolam terpal dapat dijalani dengan dua tujuan, yaitu sebagai pembibitan dan juga sebagai konsumsi. Bila kita memilih budidaya ikan lele sebagai pembibitan juga merupakan pilihan yang sangat tepat, sebab kebutuhan akan bibit ikan lele juga semakin meningkat setiap saat. Selain itu budidaya ikan lele dengan tujuan konsumsi juga merupakan pilihan yang tidak salah, sebab kebutuhan akan ikan lele untuk bahan konsumsi juga semakin hari semakin meningkat pula.

Ada 3 sistem pembenihan yang sudah di kenal masyarakat yaitu :

  1. Sistem massal.  Sistem ini dilakukan dengan cara menempatkan lele jantan dan betina dalam satu kolam dengan perbandingan tertentu.
  2. Sistem pasangan. Sistem ini dilakukan dengan menempatkan induk jantan dan betina pada kolam khusus.
  3. Sistem suntik (hyphofisasi). Sistem ini dilakukan dengan cara merangsang lele untuk memijah atau terjadi ovulasi dengan suntikan ekstrak kelenjar hyphofise.