Penyebab jerawat di punggung.

Kita semua ingin memiliki wajah atau tubuh yang terbebas dari noda seperti jerawat. Semua orang menginginkan tubuhnya putih bersih tanpa ada noda yang menempel jelas di wajah atau di bagian lain. Jerawat bisa muncul bukan hanya di bagian wajah saja tetapi bisa juga di bagian lain. Misalnya saja di dada, leher, bahu, punggung, dan lengan bagian atas di karenakan adanya kelenjar sebaccous (minyak) yang di miliki oleh beberapa bagian tubuh kita tadi, kali ini kita akan membahas mengenai jerawat yang muncul di punggung.

Jerawat di punggung secara global hampir sama dengan jerawat di wajah hanya saja yang membedakannya adalah perbedaan kulit wajah dan kulit punggung, biasanya jerawat di punggung adalah perluasan dari jerawat di wajah.
Secara umum faktor penyebab jerawat di punggung adalah sebagai berikut :

  1. Ketidakseimbangan hormon
  2. Produksi minyak yang berlebihan
  3. Sering memakan makanan yang berminyak yang dapat meningkatkan kelenjar minyak dalam tubuh
  4. Bakteri yang dapat menyumbat pori – pori
  5. Penggunaan cosmetik secara berlebihan
  6. Stress, karena dapat menyebabkan kulit berminyak berlebihan
  7. Sel  – sel kulit mati yang dapat menyumbat pori – pori, sering terjadi pada kulit yang jarang di bersihkan
    Secara khusus jerawat di punggung biasanya disebabkan oleh cara berpakaian seperti memakai pakaian yang ketat atau memakai pakaian yang merangkap – rangkap  sehingga produksi keringat di punggung menjadi meningkat dan sirkulasi udara yang tidak berjalan dengan baik sehingga membuat gerah dan berkeringat.

Penggunaan bahan kimia pada pakaian juga dapat menyuburkan jerawat di punggung seperti penggunaan pengharum pakaian dan detergen karena menurut Dr. Eddy Karta, Sp. KK. “Jerawat di punggung di sebabkan oleh gesekan tubuh dengan bahan kimia yang menempel pada pakaian yang tidak cocok dengan kulit kita”.

Suplemen obat juga dapat memicu jerawat muncul. Suplemen menyebabkan efek samping jerawat di punggung seperti penggunaan bodyspray dan parfum yang dapat memicu hadirnya jerawat.
Sekian.