Cara memasak sayur asem

Cara memasak sayur asem sangatlah mudah dan cepat serta tidak mebutuhkan suatu keahlian. Sayur asem identik dengan sayuran kangkung dicampur kacang panjang dan cambah kedelai. Sayur ini sangat digemari oleh banyak orang karena rasanya yang khas segar dan sedikit masam. Sayur asem sering menjadi menu utama di bulan puasa karena kesegarannya yang bisa disantap dengan tempa goreng dilengkapi sambal terasi.

Sayur yang diolah tanpa menggunakan santan ini memang memiliki rasa khas dengan kesegarannya sehingga sangat aman untuk dikonsumsi penderita kolesterol tinggi. Bahan utama untuk membuat sayur asam adalah kacang panjang dan asem akan menciptakan aroma dan rasa khas kuliner Indonesia.

Cara memasak sayur asem yang sangat mudah dengan mencampur semua bahan dan bumbu dari masakan tersebut. Untuk lebih mudahnya simak berikut ini.

Bahan :

– Kacang panjang 1 ikat.

– Kangkung 1 ikat.

– Cambah Kedelai sesuai selera.

– Asem 1/2sdm.

– Lengkuas 3cm.

– Bawang putih 5 siung.

– Bawang merah 10 butir.

– Cabe merah 2 biji.

– Gula pasir 1sdt.

Cara pembuatan:

– Rebus kacang panjang dan kangkung sampai setengah matang.

– Masukkan bumbu – bumbu yang sudah dihaluskan.

– Masukkan cambah kedelai dan biarkan sayuran hingga empuk.

– Tambahkan penyedap rasa dan aduk hingga rata.

Sayur asem akan lebih nikmat ketika disantap dengan tempe goreng dan sambal terasi. Sayur ini juga cocok untuk menu makan siang.

Cara memasak sayur asem yang mudah dan tidak membutuhkan banyak bahan dengan harga mahal bisa dijadikan resep menu makanan keluarga sederhana. Semua kalangan menyukai masakan ini karena tidak terasa pedas. Justru kesegaran akan muncul dari sayur ini karena terdapat rasa masam dilengkapi dengan aroma lengkuas yang khas. Sedikit gula pasir akan menambah rasa manis pada sayur asem sehingga rasa asem manis akan muncul. Kandungan antioxidant yang baik di dalam sayur kacang panjang juga baik untuk kesehatan tubuh sehingga sangatlah cocok untuk dikonsumsi berbagai kalangan.