Contoh Metode Ilmiah Dalam Kehidupan Sehari-hari

Metode ilmiah merupakan bentuk pengajaran yang mengacu pada kebenaran berdasarkan pertimbangan secara logis. Komposisi dari metode ilmiah berasal dari fakta-fakta yang dikumpulkan oleh penulis. Jika dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari, metode ilmiah juga dapat berhubungan dengan masalah lingkungan sekitar atau sesuatu yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Dalam menyusun metode ilmiah, Anda harus membuat kerangka karangan terlebih dahulu. Kemudian Anda dapat menarik dan menguji hipotesis.

Metode ilmiah dalam kehidupan sehari-hari sebaiknya mengangkat topik dari lingkungan sekitar yang tidak tabu. Berikut adalah topik-topik dalam kehidupan sehari-hari yang dapat diangkat kedalam suatu penelitian untuk metode ilmiah:

Contoh Metode Ilmiah Dalam Kehidupan Sehari-hari

  • Kebersihan lingkungan
  • Penyakit
  • Gaya Hidup
  • Ekonomi

Tema untuk suatu metode ilmiah dapat bermacam-macam asalkan permasalahan selalu kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Pilih topik yang Anda agar tidak merasa terbebani saat menyusun sebuah metode ilmiah. Setelah memilih topik, Anda dapat mulai menyusun metode ilmiah melalui langkah-langkah berikut:

  1. Mulailah untuk merumuskan permasalahan yang dipilih
  2. Buat kerangka karangan yang berasal dari pemikiran kita
  3. Menarik hipotesis dari permasalahan yang dipilih
  4. Lakukan pengujian hipotesis
  5. Ambil kesimpulan dari metode ilmiah Anda

Merumuskan permasalahan berarti memikirkan resiko dan pertimbangan-pertimbangan lain yang akan terjadi setelah Anda memilih topik permasalahan itu. Setelah merumuskan masalah, buat kerangka agar kita lebih mudah menyusunnya ke dalam bentuk tulisan. Karena kerangka karangan mengandung poin-poin penting yang mendukung hasil tulisan Anda. Setelah itu, lakukan penarikan hipotesis yakni dugaan sementara pada permasalahan yang dipilih. Kemudian lakukan uji hipotesis dengan menganalisis semua data dan melakukan percobaan atau penelitian. Bagian akhir, Anda dapat mengambil kesimpulan secara keseluruhan tulisan Anda.