Contoh Modernisasi Menurut Para Ahli

Kemajuan teknologi, globalisasi dan modernisasi adalah fenomena yang sangat akrab bagi kita semua yang hidup di era ini.  Modernisasi merupakan suatu keadaan dimana masyarakat mulai beralih dari gaya hidup yang tradisional menjadi lebih maju atau modern. Melalui modernisasi masyarakat dapat meningkatkan kualitas hidupnya sebab pada era dimana teknologi sangat maju, kehidupan manusia pun semakin mudah. Menurut Widjojo Nitisastro, modernisasi merupakan suatu transformasi menyeluruh atau total dari kehidupan yang dilakukan secara tradisional atau pramodern  baik dalam teknologi serta organisasi sosial ke arah pola ekonomis dan politis.

Sebagai masyarakat yang hidup diera modernisasi, kini dengan mudah kita bisa memenuhi kebutuhan konsumsi kita dengan canggihnya teknologi yang digunakan oleh produsen-produsen kebutuhan kita, hal ini selaras dengan pengertian modernisasi menurut J.W Schoorl yang menyebututkan bahwa modernisasi merupakan penggantian teknik produksi dari cara tradisional ke cara yang lebih canggih atau yang disebut revolusi industri

Contoh Modernisasi Menurut Para Ahli

Modernisasi sangat identik dengan pembangunan dan kemajuan masyrakatnya ke arah yang lebih baik, seperti dikemukakan oleh Astrid Susanto bahwa modernisasi merupakan proses ppembangunan yang diarahkan oleh perubaha untuk kemajuan. Sebagai masyarakt modern kita tidak bisa lagi terlepas dari teknologi. Teknologi telah menjadi bagian dari kehidupan kita yang mengarahkan kita untuk hidup lebih teratur dan terarah. Hal yang sama juga dikemukakan oleh Sarjono Soekanto yang menyatakan bahwa modernisasi adalah perbahan sosial yang terarah.

Salah satu ciri dari masyarakat modern adalah cara berpikirnya yang ilmiah dan siap menerima perubahan. Pemikiran-pemikiran baru manusia yang modern ini perlu dibagikan kepada individu lainnya sehingga perubahan bisa terus bergerak ke arah yang lebih maju. Sebagai masyarakat modern yang dinamis tak heran jika arus penyampaian informasi kita semakin cepat. Modernisasi mendorong terjadinya globalisasi, dimana sistem komunikasi tak lagi dapat dibatasi. Meskipun hidup di era yang sangat modern, hakikat manusia sebagi makhluk sosial tidak dapat dilepaskan, maka dari itu tak heranlah jika sistem komunikasi kita dimodernisasikan melalui kemunculan peralatan komunikasi digital dan kemajuan internet untu mengakomodasi kebutuhan sosial seorang individu modern.