Contoh Syair Pendidikan

Syair merupakan salah satu jenis puisi lama. Jika saat ini kita terbiasa menyebut sebuah sajak sebagai puisi, bisa dikatakan begitu juga bentuk dan karakteristik syair. Syair biasanya digunakan untuk menyampaikan suatu pesan dalam ragam bahasa yang indah. Fungsinya untuk menarik minat pembaca, agar lebih ingin mengetahui apa makna yang terkandung di dalamnya dari pada hanya sekedar dengan kata-kata yang lugas dan kurang mengandung nilai seni. Pesan yang disampaikan melalui syair ini bisa dalam bentuk cerita atau kisah, maupun nasehat-nasehat.

Syair sedikit berbeda dengan puisi modern. Puisi modern umumnya bersajak bebas, tidak terikat pada jumlah kata, dan sajaknya. Syair sendiri di bagi menjadi dua golongan, yakni syair naratif dan syair non naratif. Syair naratif lebih cenderung kepada suatu cerita, misalnya tentang Syair Panji, syair Siti Zubaidah, dll. Sedangkan syair non naratif lebih kepada nasehat, misalnya syair pendidikan, syair keagamaan, syair kehidupan, dll. Syair biasanya terdiri dari beberapa bait, di mana setiap baitnya terdiri dari 4 baris. Dalam setiap baris, sajaknya secara umum aaaa. Umumnya jumlah suku kata dalam satu baris adalah sama, yakni 4 suku kata.

Contoh Syair Pendidikan

Syair pendidikan sebagai salah satu contoh dari syair non naratif memiliki kandungan pesan seputar dunia pendidikan. Misalnya mengenai kualitas guru, kualitas pendidikan secara umum, masalah murid, dan sebagainya. Intinya, dalam syair ini yang dibahas adalah seputar pendidikan. Syair ini sering ditulis oleh mereka yang peduli pada bagiamana kondisi pendidikan saat ini. Atau juga mereka yang emmang suka menulis walaupun hanya sekedar iseng saja untuk mengisi waktu luang.
Berikut ini adalah sedikit contoh tentang syair pendidikan:

Gedung ini sudah tua
Tapi jangan kira renta
Datanglah untuk bermimpi dan berharap
Tentang gelora masa muda
Jika kamu punya mimpi
Datanglah belajar di sini
Sebagai bekal untuk diri
Hadapi kerasnya masa nanti
Gedung tua ini sekolahmu
Sekolah untuk menuntut ilmu
Belajar giat bersama Guru
Untuk pengetahuan yang baru