Tata Cara Melakukan Sholat Hajat

Ketika kita mempunyai hajat agar diperkenankan oleh Allah SWT kita bisa melakukan Sholat Hajat. Sholat Hajat yaitu Sholat sunah yang dikerjakan 2  hingga 12 raka’at dengan tiap-tiap dua raka’at melakukan salam. Bacaan yang dibaca juga sama dengan Sholat fardhu. Tidak berbeda sama sekali. Setelah selesai Sholat kemudian berdoa memohon sesuatu yang menjadi hajat kita.

  • Tata cara melakukan sholat hajat

-Niat Sholat Hajat

USHALLI SUNNATAL HAAJATI RAK’ATAINI LILLAAHI TA’AALAA. ALLAHU AKBAR.
Artinya : “Aku berniat Sholat sunat hajat dua rakaat karena Allah ta’alaa. Allahu Akbar.”

-Melanjutkan seperti sholat biasa

  • Doa Sholat Hajat

Setelah melaksanakan Sholat hendaklah kita duduk dengan khusyu’. Dalam Kitab Tajul Jamillil Ushul dianjurkan untuk membaca :

Tata Cara Melakukan Sholat Hajat

  • ASTAGHFIRULLAAHA RABBII MIN KULLI DZANBIN WATUUBU ILAIHI 100X

Artinya : “ Aku memohon ampun kepada Allah Tuhanku, dari dosa-dosa dan aku bertaubat kepada-Mu.”

  • ALLAHUMMA AHALLI ‘ALAA SAYYIDINA MUHAMMADIN SHALAATAR RIDLAA ASH-HAABIHIR RIDLAA ARRIDLAA 100X

Artinya : “ Ya Allah, beri karunia kesejahteraan atas junjungan kami Muhammmad, kesejahteraan yang diridlai dan ridhailah daripada sahabat-sahabat sekalian.”

  • LAA ILAAHA ILLALLAAHUL HAKIIMUL KARIIM, SUBHAANALLAAHI RABBIL ‘ARSYIL ‘AZHIIM, ALHAMDULILLAAHI RABBIL ‘AALAMIIN, ASALUKA MUUJIBAATI RAHMATIKA WA-‘AZAA-IMA MAGHFIRATIKA WAGHANIIMATA MIN KULLI BIRRIN WAS SALAAMATA MIN KULLI ITSMIN LAA TADA’ LII DZANBAN ILLAA GHAFARTAHU, WALLAA HAMMAN ILLAA FARRAJTAHU WALAA HAAJATAN ILLAA HIYALAKA RIDLAN ILLAA QADLAITAHAA YAA ARHAMAR RAAHIMIINA.

Artinya : “ Tidak ada Tuhan melainkan Allah yang Maha Penyantun dan Pemurah Maha Suci Allah, Tuhan seru sekalian alam. Kepada-Mulah aku memohon sesuatu yang mewajiban rahmat-Mu dan sesuatu yang mendatangkan ampunan-Mu, dan memperoleh keuntungan pada tiap-tiap dosa.

Janganlah engkau biarkan dosa dari pada diriku, melainkan Engkau ampuni dan tidak ada sesuatu kepentingan melainkan Engkau beri jalan kelua, dan tidak pula sesuatu hajat yang mendapat kerelaan-Mu, melainkan Engkau kabulkan wahai Tuhan yang paling Pengasih dan Penyayang.” ( HR.Turmudzi dan Ibnu Abi Aufa).

  • Kemudian memohonlah hajat apa yang dimaksud, sambil bersujud kepada Allah SWT. Dan perbanyak bacaan :

LAA ILAAHA ILLA ANTA SUBHAANAKA INNII KUNTU MINAZH ZHAALIMIIN.
Artinya : Tiada Tuhan melainkan Engkau yan Allah, Maha suci Engkau, sesungguhnya aku ini adalah golongan yang aniaya.”

Biasanya Sholat Hajat ini dilakukan sampai tujuh malam ataupun tergantung pada penting dan urgensinya hajat kita. Insya Allah hajat kita akan terkabul. Biasanya Allah akan memberikan petunjuknya lewat mimpi ataupun kejadian nyata.