Tata Cara Melakukan Sholat Tahajud

Waktu melakukan Sholat Tahajud dimulai sesudah Sholat Isya sampai terbitnya fajar.  Sholat diwaktu malam dapat dikatakan Sholat Tahajud ketika kita bangun dari tidur malam, sekalipun kita hanya tidur sebentar. Sholat tahajud merupakan Sholat sunah yang dikerjakan sedikitnya 2 raka’at. Dalam Sholat tahajud ada 3 bagian waktu :

  1. Sepertiga pertama, yaitu kira-kira dari jam 7 malam hingga 10 malam ( saat utama ).
  2. Sepertiga kedua, yaitu kira-kira dari jam 10 hingga jam 1 ( ini saat utama yang paling utama )
  3. Sepertiga ketiga, yaitu kira-kira dari jam 1 sampai dengan masuknya waktu subuh. ( ini adalah saat yang paling utama)
  • Tata Cara Sholat Tahajud

a.    Niat

USHALLI SUNNATAT TAHAJJUDI RAK’ ATAINI LILLAAHI TA’ALLA. ALLAHU AKBAR

Artinya : “ Aku niat Sholat sunat Tahajuddua rakaat karena Allah ta’ala. Allahu Akbar.”

b.    Membaca doa Iftitah
c.    Membaca Surat Fatihah
d.    Membaca surat pendek ( Al Kafirun raka’at pertama dan Al Ikhlas raka’at kedua )

Selanjutnya dilakukan seperti Sholat Fardhu pada umumnya.

Tata Cara Melakukan Sholat Tahajud

  • Doa Setelah Sholat Tahajud

RABBANAA ATINNAA FID DUN-YA HASANATAN, WAFIL AAKHIRATI HASANATAN, WAQINAA ‘ADZAABANNAARI

Artinya : “ Ya Allah Tuhan kami, berikanlah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan hindarkanlah kami dari siksaan api neraka.”

Dalam hadis Bukhari dinyatakan bahwa Nabi Muhammad SAW, jika bangun dari tidur ditengah malam, beliau akan melakukan Sholat Tahajud dan membaca doa :

ALLAHUMMA LAKAL HAMDU ANTA QAYYIMUS SAMAAWATI WAL ARDLI WA MAN FIIHINNA WALAKAL HAMDU LAKA MULKUS SAMAAWATI WAL ARDLI WAMAN FIIHINNA, WALAKAL HAMDU NUURUS SAMAAWATI WAL ARDLI, WALAKAL HAMDU ANTAL HAQQU WAWA’DUKAL HAQQU WALIQAA UKA HAQQUN, WAQAULUKA HAQQUN, WALJANNATU HAQQUN, WANNAARU HAQQUN, WANNABIYYUUNA HAQQUN, WA MUHAMMADUN SHALLALLAAHU ‘ALAIHI WASALLAMA HAQQUN, WASAA-‘ATU HAQQUN. ALLAHUMA LAKA ASLAMTU, WABIKA AAMANTU, WA’ALAIKA TAWAKKALTU, WA-ILIKA ANABTU, WABIKA KHASHAMTU, WAILIKA HAAKAMTU, FAGHFIRLII MAA QADDAMTU, WAMAA AKHKHARTU WAMAA ASRARTU WAMAA A’LANTU, ANTAL MUQADDIMU WA ANTAL MUAKHKHIRU. LAA ILAAHA ILLA ANTA, AU LAA ILAAHA GHAIRUKA WALAA HAULA WALAA QUWWATA ILLAA BILLAAHI.

Artinya : “ Ya Allah, bagi-Mu segala puji, Engkaulah penegak langit dan bumi dan alam semesta serta segala isinya. Bagi-Mulah segala Puji. Engkau raja penguasa langit dan bumi. Bagi-Mulah segala puji, Pemancar cahaya langit dan bumi. BagiMu-lah segala puji, Engkaulah yang hak dan janji-Mu adalah benar, dan perjumpaan-Mu itu adalah Hak, dan firman-Mu adalah benar, dan sorga adalah hak, dan neraka adalah hak dan nabi-nabi itu hak benar,  dan Nabi Muhammad SAW. Adalah benar, dan saat hari kiamat itu benar. Ya Allah , kepada-Mulah kami berserah diri atau (bertawakkal) , kepada Engkau jualah kami kembali, dan kepada –Mu lah kami rindu dan kepada Engkaulah kami berhukum. Ampunilah kami atas kesalahan yang sudah kami lakukan dan yang sebelumnya, baik yang kami sembunyikan maupun yang kami nyatakan.” Engkaulah Tuhan yang terdahulu dan Tuhan yang terakhir. Tiada Tuhan melainkan Engkau Allah Rabbul’alamin. Tiada daya dan kekuatan melainkan dengan Allah.”

ASTAGHFIRULLAHAL ‘AZHIIMU WA-ATUUBU ILAIHI

Artinya : “ Kami memohon ampunan kepada Allah Yang maha Agung dan kamipun bertaubat kepada-Nya.”

Ketika kita telah selesai membaca doa, pergilah berbaring atau kembali tidur, sambil membaca Ayat Kursi, Al- Ikhlas, Al- Falaq dan An-Nas.