Gejala Penyakit Jantung

Gejala Penyakit Jantung. Jantung adalah salah satu organ vital dalam tubuh manusia. Sebagai organ yang memompakan darah ke seluruh tubuh, jantung mempunyai tugas penting untuk memastikan setiap bagian tubuh mendapatkan pasokan darah bersih yang cukup. Namun seringkali organ jantung tidak dapat bekerja maksimal karena adanya penyumbatan pembuluh arteri disebabkan oleh penumpukan lemak di lapisan dinding nadi. Kebanyakan penyebabnya adalah gaya hidup yang tidak sehat, rokok, kolesterol tinggi serta hipertensi.

Beberapa gejala penyakit jantung tidak disadari sejak dini oleh pasien, hingga nanti mengakibatkan resiko fatal kematian. Salah satu yang paling sering menyerang adalah penyakit jantung koroner yang ciri-cirinya telah saya sebutkan di atas.

Gejala Penyakit Jantung

Gejala penyakit jantung biasanya diawali dengan kurangnya jumlah darah yang memberikan asupan oksigen ke dalam jantung. Hal ini bisa terjadi dikarenakan kinerja jantung yang tidak normal. Ciri-ciri awal adanya gejala penyakit jantung adalah rasa nyeri di bagian dada sebelah kiri dan denyut jantung yang tidak stabil.

Dua ciri utama ini dikenal dengan angina dan aritmia. Gejala ini akan diikuti dengan letih yang berlebihan, kepala pusing dan perut mual, sesak nafas dan keringat dingin di beberapa bagian badan.

Namun sayangnya kebanyakan orang hanya menganggap gejala penyakit jantung ini sebagai masuk angin biasa. Sehingga membiarkannya begitu saja hingga akhirnya memberikan resiko yang lebih berat.

Sebagai organ penting dalam kehidupan, Anda mestinya menjaga jantung dengan mengkonsumsi makanan yang sesuai dengan gaya hidup sehat, tidak mengkonsumsi makanan dengan kolesterol tinggi, istirahat cukup dan olahraga teratur. Dengan usaha ini, jantung Anda akan lebih sehat.

Jika Anda mendapatkan gejala serangan jantung ini, secepatnya lah berusaha untuk mendapatkan bantuan dari medis. Tahukah Anda bahwa saat kritis serangan jantung adalah satu jam setelah serangan? Ini artinya anda harus sigap.

Nah, itulah gejala penyakit jantung yang dapat saya gambarkan. Semoga kita semua terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Dengan pola hidup sehat secara jangka panjang akan memberikan pengaruh yang baik bagi kesehatan Anda.

Baca juga Cara Mendidik Anak jadi Cerdas dan Nami Bayi Perempuan Islami.