Contoh Cerita Mini : Terima Kasih Ya Pak …!

Makasih ya Pak…! Oleh: Dikpa Sativa

Pagi cerah. Burung pipit terbang riuh dari dahan satu ke dahan yang lain. SMAN 1 Harapan Bangsa masih dibungkus kabut. Dingin dan lengang.

“Hey pagi banget datengnya.” Rina mengagetkan Fera.

“Gue gak belajar nih semalem. Makanya datang pagi-pagi. Siapa tau dapat bocoran soal. Hihi.” Niat jahat Fera terlihat jelas. Dasar…!!

“Emangnya lu ngapain semalem? Sampe gak belajar gitu. Lu tau kan kita mau ujian apa. Biologi Fer. Lu amnesia ya kalau Pak Anas killernya minta ampun?” Rina mengelus dada. Bukan kali ini saja si Fera tidak belajar. Hampir setiap ujian malah.

“Aduh Rin kayak gak kenal gue aja. Penyakit gue kan langsung kambuh kalau dipaksa baca buku apalagi kalau mesti ngapal materi sebanyak itu, bisa KO gue. Lah lu ngapain  datang pagi-pagi?”  Alasan tak jelas dan berulang itu kembali diutarakan Fera.

“Alasan aja lu Fer. Penyakit apa coba. Paling penyakit malas. Nah lu pake nanya ngapain gue datang pagi, gue kan emang selalu jadi paling rajin di sekolah ini. Rina gitu lho.” Seloroh Rina.

“Sombong lu!” Tangan Fera gemas menjawil pipi Rina.

Tuk…tuk…tuk…suara sepatu siswa lain mulai terdengar memenuhi trotoar, kelas-kelas dan halaman sekolah. Ada yang mulai sibuk dengan jadwal piketnya, ada yang sibuk mengantri di kantin belakang karena tak sempat sarapan atau malas sarapan, ada juga yang sibuk bergosip tentang acara TV semalam di bawah pohon-pohon taman. Berbeda dengan anak-anak kelas lain, kelas XB sedang sibuk mengatur posisi dan strategi untuk ujian Biologi Pak Anas.

“Eh Rin, lu ngerti gak materi yang ini?” Vivi menyodorkan sebuah buku catatan.

“Oh yang ini, ini sih namanya rantai makanan. Bagian paling bawah itu produsen. Lu ngerti kan produsen? Terus selanjutnya disebut herbivora. Biasa juga disebut sebagai konsumen pertama…” Rina menjelaskan panjang lebar. Vivi mengangguk-angguk mengerti.

“Eh Fer ngapain lu disitu? Bukannya belajar malah melamun gak jelas.” Rina meneriaki Fera yang sedang asyik dengan dunia khayalnya, duduk di depan teras kelas.

“Yee siapa juga yang melamun. Gue lagi berfikir nih gimana caranya supaya ujian kita bisa lancar.” Jawab Fera manyun.

Vivi dan Rina saling pandang penuh keheranan. Ada ada saja si Fera. Bukannya kunci lancar ujian adalah belajar. Tapi sahabatnya yang satu itu memang lain dari yang lain. Sahabat yang selalu saja malas belajar. Bagaimanapun, Fera adalah sahabat yang sangat baik. Tak pernah mengeluh jika dimintai bantuan.

“Eh pulpen lu mana? Rina, Vivi siniin deh pulpennya.” Tiba-tiba Fera masuk kelas. Entah apa yang akan dilakukannya. Rina dan Vivi kembali beradu pandang. Tak mengerti.

“Nah beres.  Kalian pernah denger kan kalau posisi itu sangat nentuin? Jadi, Rina duduk di depan gue dan Vivi di belakang gue. Kalian berdua wajib ngebantu gue saat ujian nanti. Ok?” Tanpa basa basi Fera menjelaskan maksud jahatnya.

“Hah lu gak nyadar apa kalau nanti yang ngasi ujian pak Anas? Kalau ketahuan bisa ancur kita.” Vivi sdikit keberatan dengan keputusan Fera.

“Halah takut banget sih. Tenang aja, semua aman deh.” Fera nyengir meyakinkan.

Beberapa menit kemudian, anak-anak rusuh masuk kelas. Memilih posisi yang paling nyaman. Nyaman dari segala aspek mulai dari nyaman ngerjain soal ujian, nyaman minta jawaban dari temen sampai nyaman liat pelampung alias catatan. Walau kategori nyaman kedua  hal terakhir adalah sesuatu yang kemungkinan tidak mungkin.

“Anak-anak, ujian segera dimulai. Jika ada diantara kalian yang berani berlaku curang, maka bapak juga tidak akan segan-segan menghukum kalian. Mengerti?” Ujian dibuka dengan ultimatum yang sangat mengerikan.

Sepuluh menit pertama berlangsung tenang. Semua takjim dan  khusyuk mengerjakan soal. Menit-menit itu memang tak mungkin melakukan gerakan lain. Mata Pak Anas seperti anjing pengintai. Menit kedua puluh, wajah-wajah tegang muncul bercampur dengan kasak kusuk tak jelas. Pak Anas sesekali berdehem menegur.

“Rin nomor dua dong. Please…!” Fera mulai gaduh. Selembar kertas jatuh dari arah depan. Sejauh ini aman.

Lima menit kemudian Fera meminta jawaban dari arah belakang. Kali ini nomor enam. Dan lagi-lagi terlewati dengan aman. Dia  sama sekali tak menyangka kalau Pak Anas dari tadi memperhatikannya. Beberapa menit berlalu dan Fera sibuk menyalin jawaban dari dua sahabatnya. Lepas menyalin jawaban-jawaban itu Fera mendongak dan ya ampun…

“Kenapa gak bilang dari tadi sih kalau Pak Anas gak ada dalam kelas.” Hati Fera bersorak.  “Rin nomor tiga dan empat dong. Buruan mumpung Pak killernya gak ada tuh.” Fera sibuk meminta jawaban. “Aduh Rin lelet banget sih lu. Buruan dong, keburu ketahuan tau.” Fera tak lagi sabar menunggu dan tiba-tiba sebuah kertas dari arah belakang menghampirinya.

“Pinter banget sih lu Vi, tau aja kalau gue minta jawaban. Makasih ya.” Vivi hanya diam. Mukanya mulai pucat.

“Ah lu kok diem aja. Makasih ya.” Fera spontan balik belakang dan…

“Eh Pak. Makasih ya jawabannya.” Ucap Fera terbata. Mukanya pias karena malu. Anak-anak lain serempak menatap kearah Fera. Perut mereka sakit menahan tawa.

“Fera…keluar dari ruangan ini dan berdiri di depan kelas!” Pak Anas berteriak marah. Fera nyengir dan bergegas pergi. Pusing amat. Pikirnya.

Tentang Penulis:

   Nama            : Dian Kurniati Padandi

   Nama Pena   : Dikpa Sativa