Cara Mencegah dan Mengobati Cacingan

Cacingan sepertinya adalah salah satu penyakit yang sangat lekat pada anak kecil. Hal ini dikarenakan anak-anak seringkali bermain di tanah yang ada cacingnya. Asumsi ini memang benar adanya mengingat ada banyak makhluk hidup yang ada didalam tanah, termasuk cacing! Cacing yang hidup di tanah akan menyimpan telurnya dan jika tanah tersebut menempel pada bagian tubuh, misalnya kaki, maka telur cacing tersebut akan masuk melalui pori-pori kulit. Namun cacingan tidak selalu berasal dari tanah. Cacing bisa juga hidup di dalam lingkungan rumah, termasuk pada makanan yang akan dimakan. oleh karena itu diperlukan pengetahuan Cara Mencegah dan Mengobati  Cacingan

Makanan yang tidak dimasak dengan sempurna akan menjadi penyebab telur cacing yang ada pada bahan makanan tetap hidup dan masuk ke dalam tubuh saat dimakan. Inilah salah satu penyebab cacingan yang tidak disadari oleh banyak orang. Selain dari makanan, penyebab cacingan yang lainnya adalah lantai yang kotor, baik itu oleh kotoran yang berasal dari tanah atau kotoran yang berasal dari dalam rumah. Beberapa sumber bahkan mengatakan bahwa telur cacing ada dan dapat ditemukan pada (maaf) kotoran manusia.

Telur cacing yang sudah masuk ke dalam pori-pori akan terbawa melalui pembuluh darah dan menetap di usus. Usus yang menjadi tempat tinggal cacing ini akan digigit dan menjadi ‘rumah’ dimana cacing tersebut akan berkembang biak disana. Makanan yang masuk ke dalam tubuh penderita cacingan akan dimakan oleh parasit ini. Hal ini menyebabkan penderita cacingan akan kekurangan gizi sehingga tubuh dari penderita cacingan akan kurus namun dengan nafsu makan yang sangat besar. Cara Mencegah dan Mengobati darah tinggi

Mengingat penyebab cacingan yang ada di sekitar kita sangat besar, maka ada baiknya kita, dan para orang tua  menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan dengan baik. Salah satunya adalah dengan mencuci bahan makanan dengan sempurna dan memasaknya sampai benar-benar matang.

Namun, jika  cacingan sudah terlanjur menyerang, maka cara yang paling ampuh untuk mengobatinya adalah dengan pergi ke dokter dan mendapatkan resep obat, atau dengan bawang putih yang direbus dengan menggunakan akar papaya kering yang diminum secara rutin.