Cara Mencegah Cacar Air Pada Anak

Cacar air adalah salah satu penyakit yang sangat menganggu, baik pada orang dewasa maupun pada anak-anak. Cacar air disebabkan karena virus yang menyerang penderita yang mempunyai daya tahan tubuh yang lemah. Anak yang tidak mendapatkan suplai makanan yang baik dan bergizi sangat rentan terkena penyakit ini. Mitos yang beredar di kalangan masyarakat saat ini adalah jika seseorang sudah terkena cacar air, maka ia tidak akan pernah terkena kembali. Mitos ini salah dan terbantahkan oleh pernyataan akan kondisi tubuh yang sedang melemah.

Mencegah cacar air pada anak bisa dilakukan dengan cara menjaga kondisi tubuh agar tetap fit dan sehat, terutama pada anak. Orang dewasa saja bisa kewalahan jika terkena penyakit ini, apalagi anak kecil terutama bayi. Cacar air bisa menyebar lewat udara. Misalnya ketika seorang penderita bersin atau batuk, maka virus yang ada didalam dirinya bisa ‘melompat’ dan terhirup oleh banyak orang yang ada di sekitarnya. Ada baiknya orang atau anak yang hendak melakukan kontak dengan  penderita menggunakan masker untuk mencegah cacar air pada anak agar tidak  tertular.

Beberapa orang mengatakan bahwa mencegah cacar air pada anak bisa dilakukan dengan cara memberikan vaksin cacar air. Hal ini memang masuk akal mengingat tubuh yang  sudah diberikan virus yang dilemahkan tersebut akan mempunyai kekebalan yang lebih baik daripada anak yang tidak pernah menerima vaksin. Sebuah fakta mengatakan bahwa orang yang sudah di berikan vaksin cacar air mempunyai potensi dan waktu kesembuhan yang lebih cepat. Bagi anak-anak, biasanya dosis vaksin yang diberikan sangat bergantung pada usia. Namun bagi orang dewasa, vaksin cacar ini sebaiknya diberikan sebanyak dua kali seumur hidup. Cara Alami Agar Tubuh Cepat Gemuk

Cara mencegah cacar air yang lainnya adalah dengan memberikan dosis vitamin C yang sesuai pada anak-anak berdasarkan dengan usia. Vitamin C adalah salah satu zat yang bisa membuat imunitas tubuh semakin baik. Jika cacar air sudah  terlanjur menyerang, maka sebaiknya penanganan untuk proses kesembuhan dilakukan dengan tepat dan cepat.