Obat Tradisional Gusi Bengkak

Gusi bengkak adalah salah satu penyakit yang sangat mengganggu aktivitas. Perasaan sakit dan ngilu akan membuat suasana hati bertambah buruk dan tidak stabil. Efek dari rasa sakit gusi ini aakan sampai pada puncaknya ketika tubuh menjadi lemas, kepala mejadi pusing dan mata menjadi sangat lelah. Penderita pun akan kehilangan nafsu makannya dan tidak fokus dalam mengerjakan suatu hal. Sebelum memeriksakan diri ke dokter, mungkin sebaiknya Anda bisa mencoba beberaa obat tradisional berikut ini terlebih dahulu

  1. Daun sirih
    Daun sirih sudah menjadi bahan anti septic alami yang memiliki sejuta manfaat bagi kesehatan tubuh. Tak terkecuali untuk membantu penyembuhan gusi bengkak. Caranya adalah dengan merebus beberapa lembar daun sirih dengan beberapa gelas air hingga mendidih kemudian diamkan air rebusan tersebut hingga hangat dan berkumurlah dengannya sebanyak 2-3 kali sehari.
  2. Garam
    Selain berkumur dengan air rebusan daun sirih, Anda juga bisa menggunakan garam sebagai obat untuk menyembuhkan gusi bengkak Anda, yaitu dengan cara mencampurkan garam dengan air hangat kemudian berkumurlah.
  3. Daun cabe rawit
    Ambilah beberapa daun cabe rawit dan cuci hingga bersih. Kemudian remaslah daun cabe rawit atau bisa juga dengan menghaluskannya. Campurkan beberapa tetes air supaya lebih encer kemudian balurkan pada bagian pipi yang bengkak.
  4. Bawang putih
    Ternyata selain menjadi bumbu masakan, bawang putih juga bisa menjadi obat antiseptik alami yang bisa menyembuhkan gusi bengkak. Caranya adalah dengan membuat racikan yang terdiri dari satu suing bawang outih yang sudah dikupas kulitnya dan dihaluskan, kemudian mencampurkannya dengan garam. Aduk hingga rata. Setelah itu oleskan racikan tersebut pada  gusi yang bengkak. Racikan tersebut juga ampuh untuk menghilangkan sakit gigi terutama pada gigi yang berluban
  5. Minyak cengkeh
    Minyak cengkeh yang banyak dijual di supermarket dan apotik juga bisa menyembuhkan seseoran dari sakit gigi dan gusi bengkak, caranya cukup mudah yaitu dengan mengoleskan minyak cengkeh tersebut pada gusi yang bengkak atau gigi yang berlubang. Jika Anda mempunya lada hitam, untuk hasil maksimal, Anda bisa mencampurkannya terlebih dahulu kemudian mengoleskannya.