Setiap negara di dunia memiliki universitas yang tersebar di berbagai wilayah dengan reputasi akademik dan kualitas lulusan yang beragam. Dari ribuan universitas di seluruh dunia, Times Higher Education telah berhasil merilis daftar urutan universitas terbaik di dunia. Universitas-universitas yang masuk dalam kategori terbaik dunia tersebut memang sudah dikenal luas di dunia internasional dan menjadi universitas favorit di seluruh dunia. Apa saja universitas tersebut? Berikut ini lima universitas terbaik dunia versi Times Higher Education yang dirilis pada bulan Juni 2013 kemarin.

California Institute of Technology
Perguruan tinggi yang juga biasa disebut Caltech ini telah berhasil menduduki peringkat pertama sebagai universitas terbaik dunia. Kampus ini mendapatkan skor 95,6 dari total 100. Hal ini wajar karena kampus ini memiliki segudang prestasi gemilah dan berhasil memenangkan berbagai kompetisi teknologi internasional.

University of Oxford
Posisi kedua berhasil diraih oleh Universitas Oxford debgan total skor 93,7. Universitas tua yang terletak di Inggris ini dikenal luas karena telah melahirkan politikus-politikus ternama di dunia. Terhitung ada 30 kepala negara dan 26 perdana menteri Inggris merupakan alumni dari universitas ini.

Stanford University
Total skor yang didapat oleh Universitas Stanford ini sebenarnya sama dengan Oxford University yakni 93,7. Jika dilihat prestasinya selama beberapa waktu terakhir, Stanford sudah mampu menyamai dan mengungguli Hardvard University di beberapa bidang. Reputasi Stanford sebagai perguruan tinggi dengan sekolah bisnis terbaik dunia pun semakin dikenal luas.

Hardvard University
Memang sedikit mengejutkan bila universitas yang biasanya berada di posisi puncak universitas terbaik di dunia saat ini bergeser ke peringkat keempat. Universitas Hardvard hanya mampu meraih total skor 93,6. Walaupun demikian, reputasi universitas ini memang sudah sangat terkenal. Bahkan, ada jaminan bahwa siapapun yang berhasil masuk ke Harvard akan menjadi seorang jutawan.

Massaachusetts Institute of Technology
Universitas yang dikenal luas sebagai kampusnya orang-orang jenius di bidang teknologi ini berhasil mengumpulkan total skor 93,1. Universitas yang berada di Cambridge, AS ini telah melahirkan 70 penerima novel. Penerima nobel tersebut tentu saja merupakan ilmuwan jenius di bidang sains dan teknologi.