Gedung Tertinggi di Dunia

Gedung-gedung bertingkat memang merupakan pemandangan yang lazim kita lihat di kota-kota besar di dunia. Namun, dari sekian banyak gedung-gedung dan bangunan yang berdiri menjulang, ada beberapa gedung yang tingginya mencapai ratusan meter. Dengan ketinggian gedung yang berada di atas tinggi bangunan rata-rata, tidak heran jika bangunan berikut ini menjadi gedung tertinggi di dunia.

Burj Khalifa
Posisi teratas gedung tertinggi yang pernah ada di dunia diraih oleh Burj Khalifa yang memiliki ketinggian bangunan hingga 828 meter atau 2717. Gedung yang menjulang tinggi ini terletak di Dubai, United Arab Emirates dan diresmikan pada tahun 2010 lalu. Bangunan ini memiliki 106 lantai. Selain itu, Burj Khalifa juga memiliki lift tercepat dengan kecepatan 60 km/jam.

Abraj Al-Bait
Bangunan ini berhasil menduduki peringkat kedua karena tingginya mencapai 601 meter. Abraj Al-Bait terletak di Mekkah, Saudi Arabia. Menara tinggi ini dibuat pada tahun 2004 sampai tahun 2012 dan mulai dibuka tahun 2012. Gedung yang juga biasa disebut Mecca Roya Hotel Clock Tower ini memiliki tujuh buah menara dengan sebuah menara tertinggi yang disebut Hotel Tower.

Taipei 101
Gedung pencakar langit ini adalah bangunan yang berfungsi sebagai pusat finansial Taipei. Sejak tahun 2004 sampai tahun 2010, bangunan yang terletak di Taipei, Taiwan ini adalah bangunan tertinggi di dunia. Taipei 101 adalah ikon kebanggaan negara Taiwan. Sesuai dengan namanya, bangunan ini mempunyai 101 lantai.

Shanghai World Financial Center
Gedung tertinggi keempat di dunia ini terletak di Pudong, Shanghai, Cina dengan ketinggian mencapai 494,3 meter. Gedung ini dibuka pada tahun 2009 dan memiliki 101 lantai. Ciri khas dari desain gedung ini adalah aperture trapesium yang ada di puncak. Jika diperhatikan, gedung ini mirip dengan pembuka botol raksasa.

International Commerece Centre
Gedung ini mendapatkan peringkat kelima tertinggi di dunia dengan tinggi bangunan mencapai 484 meter. International Commerece Centre terletak di West Kowloon, Hong Kong. Bangunan ini memiliki 108 lantai dan dibuka pada tahun 2011.