Membuat Penyaring Air Sederhana

Membuat penyaring air sederhana yang akan dijelaskan berikut ini menggunakan arang sekam padi. Perlu untuk diketahui, air merupakan kebutuhan pokok paling utama bagi setiap makhluk hidup. Bagi manusia seperti kita, air selain dijadikan sebagai sumber untuk minum, air juga sangat berfungsi sebagai penopang aktivitas lainnya yang kita lakukan. Air sudah menjadi komponen yang sangat penting untuk kegiatan sehari-hari, seperti mandi, mencuci, dan lain sebagainya. Di daerah tertentu memang terkadang kesulitan untuk mendapatkan air bersih. Akan tetapi, hal itu bukan berarti tidak ada lagi sumber air bersih. Di sebagian tempat, untuk bisa memakai air bersih, harus melewati beberapa langkah dan proses penjernihan terlebih dahulu.

Alat penjernih air sederhana seperti ini bisa kita buat sendiri. Banyak bahan-bahan yang bisa kita manfaatkan untuk menjernikan air secara alami. Kita ambil contoh saja seperti ijuk, biji kelor, batu, kerikil, sekam padi, pasir, tawas, kapur, dan masih banyak lagi. Tentu saja bahan-bahan tersebut bisa kita temukan dengan mudah lantaran memang berada di lingkungan tempat tinggal kita bukan? Salah satu alat penjernih air sederhana yang bisa kita buat sendiri yaitu dengan menggunakan sekam padi. Sekam padi sangat cocok digunakan untuk penyaringan air dan mampu menghasilkan air yang bersih dan berkualitas. Berikut akan kami berikan langkah-langkahnya agar mudah anda mencobanya:

  1. Alat bagian pengendapan dibuat dari drum dengan lubang keluaran 8 cm dari dasar drum.
  2. Alat bagian penyaringan yang dibuat dari gentong atau drum dengan lubang keluaran 5cm.

Penggunaan bagian pada penyaringan dikhususkan memakai gentong atau bahan alami lainnya. Penggunaan gentong dapat menurunkan suhu air dan menjadi lebih stabiil plus juga kualitas air yang akan terasa lebih segar dari hasilnya. Media penyaringan itu akan lebih baik disusun seperti berikut ini:

  • Kerikil pada bagian yang dasar setebal 2x lubang keluar
  • Arang sekam padi setebal 15 cm taruh diatasnya
  • Ijuk atau sabut kelapa minimal 20 cm

Keuntungan menggunakan penyaringan dengan model ini adalah dapat memenuhi kebutuhan air bersih untuk keperluan keluarga sehari-hari, biaya pembuatan yang relative murah dan ekonomis, pembuatannya mudah, dan tentunya hasil penjernihannya telah memenuhi syarat kesehatan.