Manfaat Buah Ceri untuk Kesehatan

Ada banyak sekali manfaat dari buah ceri yang bisa anda dapatkan untuk menjaga kesehatan. Dikarenakan kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya begitu baik untuk dapat mendukung sistem kekebalan tubuh dan dapat pula untuk mengurangi resiko adanya penyakit kanker. Dan di bawah ini adalah beberapa ulasan mengenai manfaat buah ceri.

Cherry atau biasa kita sebut dengan ceru adalah merupakan famili rosaceae yang juga di dalam famili tersebut ada buah persik, nektarin dan buah plum. Buah yang memiliki warna merah merona ini telah dinikmati sejak dulu, bahkan sejak zaman romawi kuno.

Buah ceri sendiri dapat dikategorikan menjadi dua jenis, yaitu jenis ceri manis dan jenis ceri asam. Dari kedua jenis ini tentu saja memiliki kandungan yang berbeda pula. Seperti ceri manis yang memiliki kandungan kalori yang lebih rendah daripada ceri yang memiliki rasa manis, namun untuk kandungan vitamin c dalam ceri yang asam lebih banyak jika dibandingkan dengan ceri yang manis.

Baca Juga: Makanan Penambah Selera Makan Anak

Manfaat Buah Ceri
Pxhere.com

Manfaat dari buah ceri sendiri banyak mengandung nutrisi seperti vitamin c, antioksidan, serat, kalium dan fitokimia. Manfaat buah ceri yang bisa anda dapatkan dengan mengonsumsinya:

  • Terbukti bisa Melindungi Tubuh dari Radikal Bebas serta Penyakit Serius

Warna yang anda lihat dari buah ceri adalah berasal dari kandungan antosianin, salah satu antioksidan kuat ini dapat membantu anda dalam melindungi sel tubuh dari serangan radikal bebas yang mampu menimbulkan kanker ataupun penyakit serius lainnya, seperti penyumbatan pembuluh darah/ateroklerosis, penyakit kardiovaskular, alzheimer, dan juga penyakit radang sendi. Selain itu, dalam buah ceri juga terkandung antioksidan lain seperti hydroxycinnamic acid dan juga perillyl alcohol. Adanya kandungan dalam buah ceri ini bahkan bisa mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan karena adanya pembengkakan penyakit osteoartritis, serta kandungan lain dari buah ceri akan mampu bermanfaat untuk dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda.

  • Mengandung Kalium dan Vitamin C

Adalah sumber vitamin c dan kalium yang baik, buah ceri yang mengandung kalium berkhasiat untuk mengurangi resiko terjadinya hipertensi dan juga stroke. Mineral tersebut akan membantu untuk menjaga tekanan darah, berguna untuk pemulihan otot, akan menjaga kecukupan cairan dalam tubuh, denyut nadi, untuk pencernaan dan juga untuk asam basa tubuh atau menjaga keseimbangan pH. Untuk kandungan Vitamin C yang terdapat dalam buah ceri bisa melindungi anda dari berbagai masalah kesehatan seperti penyakit mata, menjaga kesehatan saat kehamilan dan juga mencegah terjadinya keriput pada kulit.

Baca Juga: Penyebab Anak Tidak Mau Makan

  • Menjaga Berat Badan dan Menurunkan Resiko Diabetes

Banyaknya kandungan serat di dalam buah ceri menjadikan buah mungil yang satu ini bisa berkhasiat untuk menurunkan berat badan, menghindarkan anda dari penyakit jantung dan juga menurunkan resiko terserang kemungkinan diabetes. Tidak hanya itu saja, kandungan serat ini juga akan berkhasiat untuk menjaga kesehatan usus anda, dapat mengontrol kadar kolesterol, menjaga kesehatan usus, mengendalikan gula dan serta dapat pula untuk mencegah terjadinya penyakit kanker kolorektal.

Beragam kandungan yang terdapat dalam buah ceri akan mampu melindungi tubuh dari enzim yang dapat menyebabkan terjadinya peradangan, ini akan berfungsi untuk mengurangi rasa sakit di saat terjadi radang sendi, selain itu, kandungan dalam buah ceri juga bisa mengurangi resiko penyakit kardiovaskulat. Adanya Fitokimia yang terdapat dalam buah ceri bahkan dapat menurunkan sebanyak 40% kemungkinan terserang kanker yang dibuktikan dengan berkhasiatnya buah ceri dalam hal menghentikan kerusakan sel yang diakibatkan oleh zat pemicu kanker yang disebut dengan karsinogen. Dari beberapa sumber bahkan disebutkan bahwa zat antiradang dalam buah ceri bisa membantu anda untuk mengatasi insomnia.

Variasi Olahan dari Buah Ceri

Untuk bisa menikmati dan tetap mendapatkan manfaat dan khasiat dari buah ceri, anda tentu saja bisa mengonsumsi ceri dengan beragam olahan makanan, baik itu berbentuk buah yang masih segar, dibekukan terlebih dahulu, dijadikan minuman ataupun dijadikan buah kering yang biasanya akan dicampur dengan kue sebagai bahan tambahan. Kandungan antioksidan yang terdapat dalam jus ataupun ceri kering ternyata tidak mengalami perubahan sama sekali, ini berdasarkan perbandingan dengan buah ceri yag masih segar. Akan tetapi, untuk ceri yang dibekukan ataupun ceri kalengan akan ada sedikit perbedaan, yaitu kandungan antioksidan yang menjadi lebih sedikit. Apapun olahan buah ceri seperti tidak menjadi masalah, karena diolah bagaimapun buah ceri masih akan tetap mengandung banyak antioksidan.

Baca Juga: Cara Atasi Anak Susah Makan

Cara Memilih buah Ceri dan Cara Menyimpannya

Tidak sembarangan dalam memilih buah ceri yang akan anda konsumsi untuk bisa mendapatkan manfaat yang maksimal. Pastikan anda membeli atau memilih buah ceri yang masih segar, dingin dan juga masih ada batangnya, teliti pula batangnya apakah masih dalam kondisi yang baik dan berwarna hijau. Untuk buah ceri yang baik biasanya adalah buah ceri yang berukuran besar, permukaan kulit buah ceri tersebut akan berkilau, tekstur kulitnya keras dan memiliki warna yang lebih gelap. Disarankan untuk anda agar tidak memilih ceri yang berukuran kecil dan juga lembek serta memiliki permukaan yang sudah cacat.

Lalu bagaimana cara penyimpanan buah ceri yang baik?

Simpanlah buah ceri dalam lemari pendingin atau freezer, namun sebelum anda menyimpannya pastikan bahwa buah ceri anda cuci terlebih dahulu lalu anda bisa membungkusnya dengan plastik. Untuk ukuran normal buah ceri yang segar biasanya hanya akan bertahan di dalam pendingin selama kurang lebih satu minggu saja. Pastikan anda rajin untuk memeriksa buah ceri yang anda simpan, jika menemukan buah ceri yang tidak segar segera buang dan pisahkan. Ketika akan dikonsumsi cuci terlebih dahulu.