Ruangan Kerajaan Gowa & Bone di Benteng Ujung Pandang

Ruangan Kerajaan Gowa & Bone di Benteng Ujung Pandang. Hello … Setelah kemarin saya mempublish tentang Sejarah Benteng Ujung Pandang atau yang lebih dikenal dengan nama Fort Rotterdam, sekarang saya ingin berbagi tentang isi daleman benteng tersebut. Saya hanya berbagi tentang Ruangan Kerajaan Gowa dan Ruangan Kerajaan Bone di Benteng Ujung Pandang. Juga ada beberapa benda peninggalan kerajaan Luwu. Semoga bermanfaat.

Ruangan Kerajaan Gowa

Kerajaan Gowa adalah salah satu kerajaan yang besar di Sulawesi Selatan pada abad 15-16 wilayah kekuasaannya kepulauan sunda kecil (NTB) Kalimantan Timur. Maluku bahkan diperkirakan sampai di Australia Utara. Ibukotanya adalah Somba Opu terletak di pantai barat Jazirah selatan Pulau Sulawesi (disebelah selatan kotamadya Makassar).

Bukti-bukti kebesaran kerajaan Gowa dizaman lampau dapat dilihat melalui benda-benda peninggalannya baik berupa bangunan monument, berupa benteng, istana, masjid, kompleks perkuburan dan batu pelantikan berupa naskah cerita rakyat yang masih tetap terpelihara.

Benda-benda kerjaan Gowa yang tersimpan di museum yaitu:

  1. Salakoa
  2. Sudanga
  3. Salempang
  4. Ponto janga-jangayya
  5. Paying ubu-uburru
  6. Paying la’lang sipue
  7. Peralatan makan (bosara, piring, dan gelas)
  8. Peralatan tidur (katinoang)
  9. Lemari
  10. Silsila kerajaan
  11. Peta kekuasaan
  12. Maket istana Gowa
  13. Naskah perjanjian Bongaya tahun 1667

Maket Balla Lompoa

Terbuat dari kayu berbentuk rumah panggung. Ini merupakan reproduksi dari balla lompoa yaitu bekas raja gowa, berfungsi sebagai tempat bermusyawarah untuk memutuskan segala sesuatu yang menyangkut segala sesuatu yang menyangkut kelangsungan hidup kerajaan dan sekaligus sebagai tempat kediaman raja. Asal dari Sungguminasa Kabupaten Gowa. Tiangnya berjumlah 59 buah,

Salokoa

Terbuat dari emas dan batu permata berbentuk kuncup bunga, teratai yang mempunyai lima helai kelopak daun. Fungsinya dipergunakan pada saat pelantikan Raja Gowa. Menurut mitologi orang gowa Salokoa muncul bersama dengan munculnya To Manurung yaitu raja Gowa abad ke-13.

Ponto janga-jangaya

Benda tersebut terbuat dari bahan perak sepuh emas berbentuk menyerupai ular naga melingkar, mata terbuat dari permata  berwarna biru. Benda ini dipergunakan pada saat hari-hati bersejarah seperti pada saat pelantikan raja. Berfungsi sebagai gelang tangan, benda tersebut merupakan replica. Ukuran berat 234 gram

Payung atau  la’lang sipue terbuat dari daun lontara sejenis palem bentuk setengah lingkaran (elips) pada sisi kanan terdapat sayap tinggi 2 meter benda ini dibuat 18 masehi. Fungsi dipregunakan raja pada saat pergi berperang.

Ruangan Kerajaan Bone

Kerajaan bone adalah satu kerajaan yang besar pengaruhnya di Sulawesi Selatan yang mulai berdiri pada abad 14 masehi dengan ibu kotanya lelebata watampone yang terletak dipantai timur jazirah selatan pulau Sulawesi ditepi teluk bone.

Kerajaan ini pertama-tama didirikan oleh Manurungnge, yaitu seseorang yang datang secara tiba-tiba tanpa diketahui asal usulnya sehingga disebut oleh masyarakat Tomanurung yaitu manusia yang turun dari langit/kayangan untuk menjadi raja ditana bone sehingga masyarakat mengangkat menjadi raja.

Benda-benda kerajaan bone yang tersimpan di museum yaitu:

  1. Teddung pulawengnge
  2. Bendera samparajae
  3. Bendera warong porongnge
  4. Bendera ulubaloe
  5. Bendera lima siatingnge
  6. Bender garudae
  7. Salempang kerajaan bone
  8. Pedang latea ridunu
  9. Keris lamakawe
  10. Tombak la salaga
  11. Stempel kerajaan bone
  12. Silsilah kerajaan bone
  13. Sturktur pemerintahan
  14. Foto raja Bone
  • Andi Mapanyukki
  • Arung Palakka

Benda-benda Peninggalan Kerajaan Luwu

Surek La Galigo (Lontara Luwu)  Ditulis dalam lontara bahasa  bugis ini naskah antara lain:

  1. Susunan raja-raja Luwu
  2. Pesan Matinroe Ri tompo tikka
  3. Pesan arung padecengi Tanana
  4. Pesan potta matinroe rikanana
  5. Syarat-syarat yang dipenuhi kemedan perang

Peralatan makanan

  1. Ota-otang (wadah  sarumuan siri dan tempat kapur dan siri)
  2. Lipa patola (sarugn permaisuri raja turun temurun)
  3. Bendera gonjingnge
  4. Bendera kamumue
  5. Tempat tidur raja
  6. Kursi sopa terbuat dari kayu jati
  7. Bendera macangnge
  8. Struktur pemerintahan raja Luwu

Penginangan

Terbuat dari bahan kuningan, wadah berbentuk bundar dengan peralatan terdiri dari; tempat daun sirih, tempat gambir, pinang, kapur, dan tempat tembakau. Berfungsi sebagai peralatan upacara-upacara adat yang dipergunakan sebagai wadah makan sirih.

Koleksi budaya yang ada dimuseum:

Miniatur Perahu Pinisi

Alat transportasi laut antara pulau dan benua untuk perahu lomba arung samudra, mengarungi lautan dalam antar pulau, antara negara memakai layar tanpa memakai mesin mengangkut komoditi export juga dipakai sebagai kapal pesiar serta sarana pariwisata. Asal kabupaten Bulukumba.

Perahu Patorani

Perahu ini dipergunakan untuk menangkap ikan terbang, memakai layar bersegi empat disebut layar (sombala) tanja (Makassar) atau sompe tanja (Bugis) palatto (mandar) daya angkut perahu ini sekitar 4 ton dan pada umumnya kini telah menggunakan mesin sebagai motoril. Asal mandar kabupaten Polmas

Perahu Soppe

Soppe adalah sampan yang bobotnya lebih  besar dapat mengangkut beberapa kwintal barang untuk keseimbangan diberi cadik bugis (watik) Makassar (pallewai) mandar (palatto). Terbuat dari bambu atau kayu ringan difungsikan sebagai perahu untuk menangkap ikan dan mengangkut hasil tangkapan ikan ketempat pelelangan.

Bagang Tancap

Berfungsi sebagai tempat nelayang memasang dan menunggu jaringnya peralatan menangkap ikan seperti ini hanya dapat dipergunakan dilaut dangkal dan tidak mudah untuk berpindah-pindah seperti ini ialah ikan terbang mairo, kepiting, udang cumi-cumi. Asal kabupaten Barru.

Roppong

Berfungsi sebagai sarana menangkap ikan di laut dalam: