Contoh Latar Belakang Proposal Skripsi

Hello sahabat .. Berikut ini akan saya berikan sebuah contoh latar belakang proposal skripsi yang dapat sahabat gunakan sebagai pedoman dalam mengajukan proposal. Semoga bermanfaat.

A. Latar Belakang Masalah

Kehidupan adalah sesuatu yang berarti bila dimaknai dengan prinsip pengembangan diri untuk mencapai kesempurnaan hidup. Sebagai manusia yang bergelut di dunia pendidikan, pengembangan berbagai aspek dalam pendidikan itu sudah menjadi tanggung jawab demi tercapai pendidikan yang dari hari kehari semakin berkembang. Peranan pendidikan sangat penting untuk menciptakan masyarakat yang cerdas.

Salah satu ilmu dasar yang sangat berperan penting pada setiap jenjang pendidikan dan memacu penguasaan Ilmu Pengetahuan dan Tekhnologi adalah matematika. Hal ini disebabkan karena matematika merupakan sarana berpikir untuk menumbuhkembangkan cara berpikir logis, sistematis, alanitis dan kritis.

Contoh Latar Belakang Proposal Skripsi

Lembaga pendidikan diharapkan mampu mencapai tujuan pendidikan yang telah dirumuskan, menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki kompetensi kecerdasan secara terpadu, baik kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, maupun kecerdasan spritual. Lembadidikan formal (sekolah) berusaha menjawab tantangan tersebut dengan merancang dan menata sedemikian rupa proses pembelajaran dengan berbagai metode atau strategi belajar mengajar.

Pandangan siswa mengenai matematika yang dianggap ilmu abstrak dan penuh teori adalah pelajaran yang sangat sulit dan membosankan. Untuk mengubah persepsi siswa tentang matematika diperlukan keterampilan pengajaran yang mampu menarik minat belajar matematika siswa sehingga dapat belajar dengan keinginannya sendiri. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu pendekatan dalam pembelajaran matematika agar siswa senang belajar matematika sehingga lebih mudah memahami ilmu matematika yang diajarkan.

Salah satu model pembelajaran yang dianggap relevan dengan dunia pendidikan saat ini adalah pembelajaran berbasis masalah yang bertujuan membantu siswa mengembangkan keterampilan berfikir dan keterampilan pemecahan masalah sehingga siswa menjadi pembelajar yang mandiri. Guru bukan lagi sebagai sumber informasi terbanyak bagi siswa, tetapi guru membantu siswa dalam menyimpulkan informasi dari berbagai sumber dan mendorong siswa dalam pertukaran ide secara bebas. Dengan kata lain siswa diajak menjadi penyelidik yang aktif dan dapat menggunakan metode yang sesuai dengan masalah yang dihadapinya.

Berdasarkan uraian di atas maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian tentang upaya peningkatan mutu proses dan hasil belajar matematika melalui pembelajaran berbasis masalah.

B. Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang yang telah dikemukakan maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: ”Apakah dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah maka mutu proses dan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP LPP UMI Makassar dapat meningkat?

C. Pemecahan Masalah

Untuk memecahkan masalah yang telah dikemukakan di atas maka diadakan penelitian tindakan kelas melalui model pembelajaran berbasis masalah. Dimana siswa hanya dituntun atau diberikan prosedur pemecahan masalah tanpa memberi langsung jawaban dari permasalahan yang dihadapi oleh siswa.

D. Tujuan Penelitian

Berdasarkan pada permasalahan di atas maka tujuan penelitian ini adalah ”Mengupayakan peningkatan mutu proses dan hasil belajar matematika siswa Kelas VII SMP LPP UMI Makassar.

E. Manfaat Penelitian

Manfaat yang diharapkan pada hasil penelitian ini adalah:

1. Guru: suatu alternatif pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman matematika sehingga bermanfaat untuk perbaikan dan peningkatan mutu dan sistem pembelajaran serta meningkatakan kreativitas guru dalam pengelolaan proses belajar mengajar.

2. Siswa

  • Dapat meningkatkan keterampilan berpikir, dan membantu siswa menjadi pembelajar yang mandiri.
  • Dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam mendalami materi pelajaran dengan cara berbasis masalah.

3. Bagi sekolah: sebagai masukan dalam upaya meningkatkan mutu proses dan hasil belajar siswa disekolah pada umumnya dan pada mata pelajaran matematika pada khususnya.

Baca juga Contoh Validasi Instrumen Penelitian dan Contoh Instrumen Penelitian Skripsi