Contoh Latar Belakang Proposal Skripsi Matematika

Pemahaman konsep Operasi Bentuk Aljabar merupakan hal yang penting sebagai dasar untuk memahami konsep-konsep materi matematika lainnya. Namun dalam kenyataannya kemampuan Aljabar siswa pada umumnya masih lemah, karena menurut Soedjadi (1995 : 32) ” bahwa telah terjadi kelemahan pemahaman siswa Sekolah Menengah Pertama terhadap Aljabar”. Lemahnya pemahaman siswa terhadap konsep Operasi Bentuk Aljabar akan mengakibatkan terjadinya kesalahan konsep pada siswa dalam menyelesaikan soal-soal Operasi Bentuk Aljabar.

Contoh Latar Belakang Proposal Skripsi Matematika

Siswa yang mengalami kesulitan pada materi Operasi Bentuk Aljabar merupakan suatu masalah dalam proses pembelajaran, sebab siswa tersebut juga akan mengalami kesulitan dalam memahami materi selanjutnya yang berkaitan dengan materi tersebut sehingga mengakibatkan rendahnya prestasi belajar siswa dan berpengaruh terhadap keberhasilan siswa bahkan menimbulkan sikap ketidak sukaan siswa terhadap materi Operasi Bentuk Aljabar ataupun terhadap mata pelajaran matematika itu sendiri karena siswa menganggap matematika itu sulit.

Selain berpengaruh pada rendahnya prestasi belajar siswa, maka dampak dari kesulitan tersebut dapat juga berpengaruh pada rasa percaya diri siswa sehingga siswa tersebut merasa rendah diri. Mereka cenderung menganggap diri mereka bodoh, lambat, berbeda, dan terbelakang. Melalui identifikasi kesulitan belajar sedini mungkin, maka diharapkan guru dapat memberikan pertolongan dengan cepat sehingga kesulitan tersebut dapat ditanggulangi dan diatasi.

Berdasarkan survei yang dilakukan peneliti di  Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 kahu Kabupaten Bone pada Kelas VIIIB, diperoleh informasi dari para pengajar bahwa ternyata masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam mempelajari dan memahami materi Operasi Bentuk Aljabar. Hal itu dapat dilihat dari prestasi belajar siswa kelas VIIIB yaitu pada hasil ulangan harian pokok bahasan Operasi Bentuk Aljabar masih banyak siswa yang mendapat nilai di bawah 6.. Dengan demikian, maka siswa yang mengalami kesulitan dalam mempelajari dan memahami materi Operasi Bentuk Aljabar juga akan mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal Operasi Bentuk Aljabar yang tercermin dengan kesalahan-kesalahan yang dibuat siswa pada saat menyelesaikan soal-soal Operasi Bentuk Aljabar.

Berdasarkan hal tersebut di atas, maka perlu diadakan penelitian tentang Identifikasi Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Operasi Bentuk Aljabar di VIIIB di SMP Negeri 3 Kahu Kab.Bone. Kesalahan-Kesalahan yang dibuat oleh siswa menunjukkan adanya kelemahan dan kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal-soal Operasi Bentuk Aljabar, maka perlu diupayakan mencari penyebab permasalahan tersebut sehingga dapat digunakan sebagai salah satu solusi dalam rangka perbaikan terhadap cara belajar siswa.

Pembatasan Masalah

Dalam rangka untuk memfokuskan penelitian maka penelitian ini hanya mengungkapkan tentang bentuk dan penyebab kesalahan-kesalahan siswa kelas  VIIIB SMP Negeri 3 Kahu terhadap materi Operasi Bentuk Aljabar serta cara mengatasinya. Penelitian ini dibatasi hanya untuk mengungkapkan bentuk dan penyebab kesalahan-kesalahan siswa kelas VIIIB SMP Negeri 3 Kahu terhadap materi Operasi Bentuk Aljabar karena dengan hal tersebut akan memudahkan dalam melihat dan mengidentifikasi bentuk dan penyebab kesalahan yang dialami siswa sehingga proses diagnosis yang akan dilakukan dapat berjalan dengan baik.

Pertanyaan Penelitian

Berdasarkan latar belakang terutama yang berkaitan dengan pemahaman siswa terhadap materi bahan ajar Aljabar, maka yang menjadi rumusan masalahnya adalah :

1. Bagaimanakah bentuk kesalahan-kesalahan siswa kelas VIIIB SMP Negeri 3 Kahu terhadap materi Operasi Bentuk Aljabar ?

2. Apakah penyebab kesalahan-kesalahan siswa kelas VIIIB SMP Negeri 3 Kahu   terhadap materi Operasi Bentuk Aljabar ?

3. Bagaimanakah cara mengatasi kesalahan yang dilakukan oleh siswa kelas VIIIB SMP Negeri 3 kahu  dalam menyelesaikan soal-soal Operasi Bentuk Aljabar ?

Baca juga tentang Pengertian Pendekatan Konvensional dan Contoh Latar Belakang Skripsi Pendidikan Matematika