Urutan Universitas Terbaik Di Indonesia

Apakah sekarang ini Anda sedang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi tetapi bingung ini memilih universitas yang mana? Berikut adalah urutan universitas terbaik di Indonesia tahun 2013 sebagaimana seperti yang dilansir oleh lembaga 4 International College and University (4ICU). Dalam peringkat bulan Juli 2013 terakhir kemarin, Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta tetap mengukuhkan dirinya berada di peringkat pertama di Indonesia, ditemani oleh Universitas Indonesia (UI) yang bertengger di tempat kedua, sementara Institut

Teknologi Bandung (ITB) membuntuti di peringkat ketiga. Sedangkan di posisi keempat terdapat universitas asal kota Gudeg, yaitu Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, yang berasal dari peringkat ke 15 pada bulan Januari 2013 lalu hingga menanjak sangat tajam dan merangsek ke peringkat empat sekarang ini. Berikut ini kami berikan daftar masing-masing peringkat 1-10 universitas terbaik di Indonesia tahun 2013:

  1. Universitas Gadjah Mada (UGM)                                                                                                                                                                                      UGM merupakan universitas negeri tertua yang masih berdiri di Indonesia karena dibangun sejak tahun 1949 lalu. Terletak di kota Yogyakarta dan universitas ini juga merupakan universitas pertama yang didirikan oleh pihak pemerintah Republik Indonesia  setelah Indonesia Merdeka.
  2. Universitas Indonesia (UI)
    Universitas yang kampusnya terletak di utara depok, Jawa Barat dan Jakarta PUsat ini adalah salah satu lembaga pendidikan terdepan dan bergengsi di Indonesia.
  3. Institut Teknologi Bandung (ITB)
    ITB merupakan perguruan tinggi negeri yang terletak dikota Bandung dan resmi berdiri pada tahun 1959. ITB memiliki akreditasi ABET dari Amerika Serikat. Fasilitas yang lengkap menjadi nilai plus bagi universitas ini.
  4. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)
    Universitas pendatang baru ini merupakan kampus swasta asal kota Gudeng, yakni Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, menanjak sangat tajam merangsek keperingkat empat.
  5. Universitas Kristen Petra (UK Petra)
    Universitas ini berdiri sejak tahun 1961 dan telah memiliki mahasiswa sekitar 10 ribu orang dari berbagai daerah di Indonesia. Tahun 2013 ini, UK Petra merupakan universitas “baru” yang berhasil masuk ke dalam daftar 10 universitas terbaik di Indonesia.
  6. Universitas Padjadjaran (UNPAD)
    Universitas ini merupakan salah satu perguruan tinggi negeri di Bandung yang memiliki dua kampus utama yaitu di Dipati Ukur dan Sumedang. UNPAD berdiri pada tahun 1957 dan diresmikan oleh IR Soekarno selaku Presiden Pertama Indonesia.
  7. Universitas Brawijaya (UB)
    Universitas negeri ini dirikan pada tahun 1963 dan termasuk salah satu universtas unggulan dikota Malang, Jawa Timur.
  8. Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Surakarta
  9. Universitas Diponegoro (Undip) Semarang.                                                                                                                                                               UNDIP merupakan perguruan tinggi yang terletak di Jawa Tengah dan dirikan pada tahun 1956 sebagai perguruan tinggi swasta hingga tahun 1961 mendapatkan status perguruan tinggi negeri.