Penyebab Kanker Payudara

Sudah tidak sedikit lagi korban yang disebabkan oleh kanker, maka dari itu ada baiknya bagi kita untuk mengetahui apa penyebab kanker. Sangat penting memang bagi kita untuk bisa mengetahui dan membedakan mana yang mitos dan mana yang realita. Seperti beberapa mitos yang mengatakan bahwa kanker payudara itu dapat menular.

Namun faktanya, medis mengatakan lain. Kanker payudara itu tidak menular, meskipun ada beberapa kanker yang bisa di sebabkan oleh virus seperti kanker hati, yang sering di alami oleh penderita hepatitis dan kanker serviks yang sering terjadi karena Human Papilloma virus HPV. Sedangkan kanker payudara bukanlah salah satu kanker yang dapat menular, sehingga tidak mungkin kita dapat tertular karena terkena kontak dengan penderitanya.
 
Beberapa hal yang bisa menjadi Penyebab Kanker Payudara antara lain adalah :
 
–    Kebiasaan hidup yang kurang Sehat. Karena perkembangan zaman, penggunaan Pestisida sudah menjadi hal wajib dalam perawatan Sayur sayuran hijau, sebuah penelitian menyatakan bahwa pestisida bisa memperbesar resiko terserang Kanker Payudara. Oleh karena itu berhati-hatilah dalam mengkonsumsi makanan, jangan sampai apa yang kita makan yang kita anggap sehat, ternyata malah itu yang menjadi penyebab kita jatuh sakit.
 
–    Perokok pasif. menghirup asap rokok yang ada di sekitar kita itu juga bisa menjadi salah satu penyebab Kanker Payudara.
 
–    Karena obesitas. Mempunyai berat badan dan bentuk tubuh yang tidak proporsional (dalam hal ini di sebabkan oleh Obesitas) masih erat kaitannya dengan Kanker Payudara pada wanita pasca monepause, hal itu di karenakan berlebihnya kadar lemak dalam tubuh sehingga akan meningkatkan kadar hormon estrogen dan insulin. Yang menjadi salah satu penyebab utama kanker.
 
–    Riwayat keluarga karena faktor genetik. Pada wanita yang memiliki riwayat keluarga pernah mengidap kanker payudara , mempunyai resiko dua kali lebih besar mengalami kanker payudara jika di bandingkan dengan wanita yang memiliki riwayat keluarga tidak pernah mengalami kanker, hal ini lebih di sebabkan karena faktor genetik/keturunan.
 
–    Paraben. Adalah senyawa kimia yang bisa kita temui dalam bahan pembuatan kosmetik. Seperti Lotion, shampo dan berbagai macam prodk kecantikan lainnya. Karena paraben bersifat seperti hormon estrogen yang dapat meningkatkan kanker payudara.
 
–    Karena faktor usia. Semakin tua usia wanita maka akan semakin besar resikonya mengalami kanker payudara. Wanita yang berusia 59-60 tahun adalah masa di mana wanita bisa di kategorikan paling beresiko. Terutama bagi mereka yang mengalami Monepause terlambat.
 
–    Karena Penggunaan hormon.  Terdapat perbedaan signifikan antara pengguna hormon dan tidak terhadap kanker payudara. Seperti hormon rBST (recombinant bovine somatotropin) merupakan hormon buatan yang di gunakan untuk meningkatkan hasil susu pada sapi, sehingga akan semakin besar resiko mengalami kanker payudara jika mengkonsumsi hasil susu sapi yang di suntik menggunakan jenis hormon ini.
 
–    Hormon DES (diethylstilbestrol). Adalah jenis hormon yang estrogen buatan yang diberikan kepada wanita dengan tujuan untuk mengurangi resiko keguguran, hormon buatan ini dapat menyebabkan resiko seorang wanita mengalami kanker payudara menjadi makin besar.
 
–    Efek dari radiasi ionisasi. Baik ini terjadi sebelum atau sesudah pubertas, keduanya bisa meningkatkan resiko kanker payudara. Hal ini bisa terjadi karena ketikak sel atom dalam sel hidup menjadi terionisasi akan banyak terjadi hal seperti kematian sel, regenerasi sel itu sendiri, atau bahkan sel bermutasi dan menjadi kanker.
 
–    Senyawa BPA (bisphenol A). Senyawa ini biasanya di temukan dalam peralatan rumah tangga yang berbahan plastik. Senyawa ini juga bisa meningkatkan resiko terserang kanker payudara. Jadi pastikan peralatan rumah tangga anda terbebas dari BPA untuk mengurangi Resiko kanker.
 
–    Dalam beberapa referensi di katakan juga bahwa payudara yang sering di remas-remas juga akan bisa menjadi penyebab kanker payudara.